Surakarta (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau para takmir masjid untuk menolong semua orang yang membutuhkan tanpa memandang latar belakang agama.

"Mudah-mudahan kita juga bisa membantu semua orang yang membutuhkan, ini syiar yang bagus, syiar yang menolong, dan syiar yang adem agar masyarakat bisa menjadi sejuk," kata Ganjar di Kota Surakarta, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menceritakan bahwa dirinya terkesan dengan pernyataan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X saat rakor penanggulangan bencana beberapa waktu lalu.

"Sambutan dari Ngerso Dalem menarik, saat terjadi gempa bumi di Yogyakarta orang-orang dari berbagai latar belakang memberikan pertolongan kepada para korban tanpa pernah bertanya agamanya apa," ujarnya.

Menurut Ganjar, hal itu merepresentasikan perbedaan yang ada di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ganjar seusai menyerahkan satu unit mobil ambulans bantuan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Tengah kepada pengurus Masjid Agung Surakarta.

Orang nomor satu di Provinsi Jateng itu mengaku kagum dengan Masjid Agung Surakarta karena ada kandungan sejarah yang luar biasa dan struktur bangunan masjid sangat "Njawani".

"Ada spirit yang luar biasa dari takmir masjid, tidak hanya memakmurkan masjid, tapi memakmurkan masyarakat di sekitar masjid sehingga ada kemampuan luar biasa untuk menolong," katanya.

Ganjar mengapresiasi rencana takmir Masjid Agung Surakarta membentuk tim sukarelawan penanggulangan bencana agar bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017