Gresik (ANTARA News) - PT Semen Gresik (persero) Tbk melakukan sertifikasi sebanyak 1.200 tukang bangunan, sebagai bagian kepedulian perusahaan dalam memenuhi kebutuhan informasi serta memelihara hubungan dengan tukang bangunan sebagai mitra kerja.

Direktur Komersial PT Semen Gresik M Syaifuddin di Gresik, Selasa mengatakan sertifikasi yang dilakukan oleh Lembaga Penyedia Jasa Konstruksi (LPJK) itu langsung dicatatkan di Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai sertifikasi terbanyak dalam sehari, dan merupakan lanjutan dari kegiatan pelatihan tukang bangunan yang telah dilakukan sebelumnya.

"Sejak 2006, PT Semen Gresik sebagai salah satu anak usaha PT Semen Indonesia telah memiliki komunitas tukang bangunan sebanyak 13.181 orang. Dari jumlah itu 6.200 di antaranya telah mendapat sertifikasi dari LPJK," katanya.

Untuk target Tahun 2017, kata Syaifuddin, PT Semen Gresik akan menyelenggarakan kegiatan serupa untuk 1.000 tukang bangunan di area Jawa Barat.

"Kami melakukan sertifikasi tukang bangunan karena saat ini perkembangan holding PT Semen Indonesia mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat. Baik itu diversifikasi produk maupun penjualannya," katanya.

Selain itu, sertifikasi tukang bangunan juga untuk mengikuti perkembangan industri yang terus perkembang.

Ia berharap, kegiatan sertifikasi tukang bangunan akan mendekatkan merk dagang Semen Gresik kepada konsumen.

"Tahun lalu, kami membukukan penjualan sebesar Rp15,4 juta ton. Angka itu naik dibanding penjualan tahun 2015 dengan penjualan sebesar Rp14,0 juta ton," katanya.

Wakil Ketua LPJK Jatim Imam Prayogo mengapresiasi sertifikasi tukang bangunan yang dilakukan PT Semen Gresik, Jawa Timur karena bisa menjadi pelopor.

Ia menjelaskan, proses sertifikasi dilakukan beberapa tahap, mulai dari ada uji tulis, uji ketrampilan, dan wawancara kepada tukang.

"Sertifikasi tukang bangunan di Semen Gresik ini merupakan rekor tersendiri, sebab 1.200 tenaga tukang bangunan disertifikasi dalam sehari," katanya.

Sementara itu Kepala UPT Informasi Teknologi Bangunan Perumahan dan Pemukiman Jawa Timur Tanzil Furqon menyambut baik langkah yang dilakukan Semen Gresik, karena sangat bermanfaat bagi para tukang.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih, sebab program ini membantu para tukang dan merupakan program kepedulian yang tepat sasaran," katanya.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017