Boyolali (ANTARA News) - Sebanyak 10 jamaah haji asal Debarkasi Surakarta Jawa Tengah, hingga kedatangan kelompok terbang 40, masih tertinggal di Arab Saudi.

Sepuluh jamaah haji masih tertinggal di Arab Saudi, belum dapat dipulangkan bersama kloternya karena sakit sebanyak sembilan orang, sedangkan yang satu pendamping, kata Kepala Subbidang Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta Agus Widakdo, di Boyolali, Selasa.

Menurut Agus Widakdo sembilan jamaah haji yang sakit tersebut dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi sebanyak enam orang, sedangkan tiga lainnya, di RS King Faizal, RS An Nur dan RS KKIH Mekah.

"Jamaah yang sakit itu, kebanyakan menderita sakit gangguan pernafasan akibat kelelahan," kata Agus Widakdo.

Kendati demikian, jamaah haji yang masih tertinggal di Arab Saudi akan segera dipulangkan ke Tanah Air, setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter yang merawat bahwa yang bersangkutan layak terbang dengan kloter selanjutnya.

"Jika dokter yang merawat jamaah haji sakit sudah mengizinkan mereka layak terbang akan segera dipulangkan dengan rombongan kloter selanjutnya," kata Agus.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016