Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng mengharapkan Bahrullah Akbar, yang terpilih kembali menjadi anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, dapat meningkatkan kualitas audit yang dilakukan oleh BPK.

"Kita (Komisi XI) meminta supaya hasil daripada proses audit itu semakin lebih ditingkatkan kualitasnya. Jangan sampai hasil audit itu bisa dipertentangkan," ujar Mekeng di Jakarta, Rabu malam.

Terkait dengan masih banyaknya laporan hasil pemeriksaan (LHP) yang belum ditindaklanjuti oleh lembaga yang diaudit oleh BPK, Mekeng menilai hal tersebut perlu menjadi perhatian.

"Tentunya BPK menyurati institusi penegak hukum untuk ambil langkah. Kalau tidak, itu akhirnya tidak jadi suatu keputusan yang bermanfaaat kalau diperiksa tapi tidak di-follow up (ditindaklanjuti)," kata Mekeng.

Komisi XI sendiri selama tiga hari terakhir melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau "fit and proper test" kepada 24 calon anggotan BPK yang terdaftar.

Bahrullah Akbar yang merupakan petahana, terpilih kembali menjadi anggota BPK periode 2016-2021 melalui mekanaisme voting oleh anggota Komisi XI DPR RI.

Pemilihan melalui mekanisme voting dilakukan setelah anggota Komisi XI tidak mencapai kesepakatan soal kandidat yang layak menjadi anggota BPK.

Bahrullah memperoleh 30 suara, mengalahkan dua kandidat lainnya yakni Abdul Latief dan Anggito Abimanyu yang masing-masing memperoleh 17 suara dan 9 suara.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016