Jakarta (ANTARA News) - Ribuan alumni dari Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melakukan aksi "Bebersih Bogor" pada Minggu (31/7) dalam program Aksi Hijau Nusantara (AHN) 2016.

"Tujuan utama program ini adalah perubahan gaya hidup anak-anak, mahasiswa, generasi muda, dan masyarakat Bogor dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan," kata Sekjen Himpunan Alumni IPB, Nelly Oswini dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Dalam Kegiatan AHN, para alumni IPB yang disebut sebagai relawan kebersihan itu akan melaksanakan kegiatan membersihkan Kota Bogor pada Minggu (31/7) dimulai pukul 06.00 WIB, berpusat di Lapangan Kodim 0606 Kota Bogor.

Seraya melakukan aksi itu, semua relawan kebersihan juga akan mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sekaligus mensosialisasikan tata cara pengelolaan sampah dengan konsep lubang biopori dan 3R (Reduce, Reuse, and Recycle) .

Ia menambahkan tujuan dari pelaksanaan AHN ini adalah mendorong tercapainya gaya hidup sehat dan hijau di kalangan masyarakat Bogor, mengurangi penggunaan plastik, botol, styrofoam, dan bahan-bahan sekali pakai di wilayah Bogor.

"Kami ingin memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjaga lingkungan dalam berapresiasi, berekspresi, dan bereksplorasi terhadap potensi bumi," ucap Nelly.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dijadwalkan akan hadir bersama Wali Kota Bogor, Rektor IPB , alumni IPB, dan masyarakat yang akan memeriahkan acara tersebut.

"Seluruh peserta dan relawan kebersihan akan mendapatkan "ecobag" yang berisi air minum, snack, kaos, dan materi edukasi yang dapat disebarkan kembali ke masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan berbagai kegiatan AHN 2016 yang menyertai program tersebut antara lain penghijauan dengan penanaman pohon buah dan pohon pelindung di Kota Bogor.

"Kemudian ada gowes sehat, yaitu bersepeda untuk menjaga kebugaran dan kesehatan bertempat di Lapangan Kodim 0606 Bogor," tuturnya.

Selanjutnya, kata dia, operasi plastik, yaitu dengan melakukan penukaran kantong kresek dan bersih-bersih sampah plastik, bertempat di DPD HA-IPB se-Indonesia.

"Ada juga kegiatan "sahabat biopori", yaitu dengan pembuatan lubang biopori bertempat di lingkungan Kodim 0606 Bogor.

Terakhir, kata Nelly, yaitu kegiatan AHN Expo yang merupakan kegiatan Expo berbagai produk daur ulang dari sampah bertempat di Lapangan Kodim 0606 Bogor.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016