Biak, Papua (ANTARA News) - Warga Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyerahkan empat granat nanas yang ditemukan di sekitar rumah masyarakat kepada Komandan Kodim 1708, Letnan Kolonel Infantri Gandung Prabowo, untuk disimpan, Jumat.

Keempat granat itu ditemukan pemuda Biak yang kemudian melaporkan itu kepada Babinsa Koramil Biak Kota, Sersan Kepala Jones Tulus Marbun, Kamis (14/7).

Prabowo memuji warga Biak dalam mencegah bahaya dari granat jenis nanas.

"Masyarakat punya tanggung jawab atas keselamatan diri dan orang lain sehingga penyerahan bahan peledak ini patut diberikan pujian karena di dalamnya mengandung makna keberanian warga," katanya.

Selain itu, inisiatif warga merupakan cerminan dari kemanunggalan TNI dan rakyat yang terjalin antara Babinsa Kodim 1708/BN dan warga setempat.

Dia mengatakan, prajurit Babinsa merupakan ujung tombak satuan di lapangan, maka kegiatan komunikasi sosial yang dilaksanakan perlu diterima positif masyarakat setempat.

"Dengan adanya Babinsa di tengah-tengah desa binaan diharapkan setiap terjadi permasalahan sekecil apapun segera diketahui serta dapat diselesaikan secara kekeluargaan koordinasi dengan aparat terkait, sehingga permasalahan tersebut tidak berkembang," harapnya.

Dari empat granat yang ditemukan warga, tiga di antaranya diduga kuat masih aktif, Namun untuk penelitian lebih lanjut, keempat bahan peledak itu diamankan di Makorem 173/PVBi.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016