Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menargetkan Bandara Rokot di Kecamatan Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, bisa beroperasi pada tahun 2019.

Saat ini bandara yang sudah ada sejak 1980 itu sedang dalam pengembangan agar dapat didarati pesawat berbadan lebar. Pembangunan bandara ini dianggap penting untuk mendukung perkembangan pariwisata Kepulauan Mentawai.

"Tahun 2018 diharapkan selesai dan tahun berikutnya sudah beroperasi," ujar Nasrul di sela acara peluncuran Festival Pesona Mentawai 2016, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah daerah sedang mengupayakan cara-cara terbaik untuk pembebasan lahan dan pembuatan Amdal, selain juga berkoordinasi agar pengembangan bisa diselesaikan tepat waktu.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menegaskan pihaknya akan berupaya maksimal dalam membangun infrastruktur pendukung pariwisata.

Adapun selain pengembangan bandara Rokot, Kepulauan Mentawai juga masih menyelesaikan pembangunan jalan Trans Mentawai di empat pulau besar Mentawai yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Total panjang Trans Mentawai yang akan dibangun di Pulau Siberut adalah 170 kilometer, Pulau Sipora 105 kilometer, Pagai Utara 110 kilometer dan Pagai Selatan 85 kilometer. Dana proyek itu berasal dari APBN dan APBD.

"Selain itu kami juga menyediakan listrik dengan program Mentawai terang, termasuk pelayanan internet bekerja sama dengan PT Telkom. Ini semua dilakukan demi memperbaiki kehidupan masyarakat Kepulauan Mentawai utamanya bergantung pada pariwisata," ujar Yudas.

Berkaitan Festival Pesona Mentawai 2016, kegiatan yang dipusatkan di Pantai Mapadegat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Kepulauan Mentawai dan meningkatkan pariwisata.

Acara utama kegiatan yang dilaksanakan pada 19-24 April 2016 tersebut adalah kompetisi selancar tingkat internasional yang rencananya diikuti oleh 64 peselancar, seperti dari Australia, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Jepang, Republik Kepulauan Fiji, dan Filipina.

Selanjutnya pertunjukan budaya masyarakat Mentawai, antara lain prosesi pengusiran roh jahat, ritual "Sabulungan", penampilan kesenian tradisional, pelestarian terumbu karang dan mangrove, serta pameran industri kreatif. 

Pewarta: Michael TA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016