Southampton, Inggris (ANTARA News) - Pemain Southampton Sadio Mane mencetak dua gol yang mengantarkan timnya membalikkan keadaan untuk memenangi laga pekan ke-31 Liga Utama Inggris melawan Liverpool dengan skor 3-2 di Stadion St. Mary, Minggu.

Mane yang baru masuk setelah masa turun minum bersama Victor Wanyama  --masing-masing menggantikan Dusan Tadic dan Jordy Clasie-- mengubah permainan buruk Southampton selama 45 menit pertama menjadi penampilan menawan yang berhasil membalikkan keadaan.

Liverpool sebelumnya unggul 2-0 saat mengakhiri babak pertama berkat gol Philippe Coutinho dari luar kotak penalti pada menit 17 dan Daniel Sturridge pada menit 22.

Namun sepanjang babak pertama, Liverpool membuang sedikitnya dua peluang emas yang seharusnya bisa membawa mereka menjauh sekurang-kurangnya dengan selisih empat gol.

Dua kesempatan terbuang percuma itu juga diikuti dua keputusan keliru Juergen Klopp yang memasukkan Martin Skrtel menggantikan Dejan Lovren, yang memang sudah terkena kartu kuning, dan mengganti Sturridge dengan Christian Benteke.

Skrtel baru tiga menit merumput untuk melakukan pelanggaran yang berujung tendangan penalti untuk Southampton, beruntung Simon Mignolet menahan eksekusi penalti Mane.

Namun sejak itu Southampton mengendalikan penuh jalannya pertandingan, meski Liverpool sesekali memiliki peluang yang lebih banyak terhenti di tengah lapangan berkat kehadiran Wanyama.

Gol balasan pertama Southampton tercipta pada menit 64 saat kapten Liverpool malam itu, Joe Flannagan, melakukan kesalahan pengendalian bola di daerah pertahanan sendiri dan memberikan kesempatan Graziano Pelle melepaskan umpan kepada Mane yang berdiri tanpa kawalan berarti dan melepaskan tendangan yang tak terjangkau Mignolet.

Liverpool sebetulnya berpeluang menjauh dari kejaran Southampton pada menit 75, andai Benteke sekses melesakkan bola ke dalam gawang saat menerima bola di sudut kanan kotak penalti.

Kegagalan itu harus dibayar mahal sebab pada menit 83 Pelle menyamakan kedudukan untuk Southampton.

Tiga menit berselang, mimpi buruk Liverpool semakin nyata saat Mane mencetak gol keduanya untuk mengakhiri sebuah bangunan serangan apik dengan sepakan kaki kiri dan membawa Southampton berbalik unggul 3-2 atas tim tamu.

Southampton kini memiliki 47 poin, mengambil kembali posisi ketujuh klasemen sementara Liverpool (44) harus rela turun ke peringkat kesembilan sebab Stoke City (46) meraih kemenangan di laga lain kemarin.

Berikut pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Southampton (4-4-2): Fraser Forster (PG); Rhu-Endly Martina, Virgil van Dijk, Jose Fonte, Ryan Bertrand; Steven Davis, Oriol Romeu (James Ward-Prowse), Jordy Clasie (Victor Wanyama), Dusan Tadic (Sadio Mane); Shane Long, Graziano Pelle
Pelatih: Ronald Koeman

Liverpool (4-4-2): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Dejan Lovren (Martin Skrtel), Mamadou Sakho, Jon Flanagan; Adam Lallana, Joe Allen (Sheyi Ojo), Emre Can, Philippe Coutinho; Daniel Sturridge (Christian Benteke), Divock Origi
Pelatih: Juergen Klopp

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016