Ini perhitungan final quick count dari semua data yang masuk
Banyuwangi (ANTARA News) - Hitung cepat oleh Citra Publik-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network menunjukkan pasangan Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko unggul dengan 88,81 persen suara pada Pilkada Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Keterangan yang diperoleh Antara menunjukkan kompetitornya, Sumantri Sudomo dan Sigit Wahyu Widodo (Su-Si), mendapatkan 11,19 persen.

Direktur Citra Publik-LSI Network Ade Mulyana menjelaskan hitung cepat itu dilakukan di lebih dari 228 TPS dengan tingkat kepercayaan 98,25 persen dan margin of error 1 persen.

Metode penarikan sampel memakai multistage random sampling. Sampel TPS diambil secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih.

"Ini perhitungan final quick count dari semua data yang masuk," katanya.

Menurut Ade, kemenangan Anas sudah diprediksi jauh sebelum ini mengingat elektabilitasnya yang tinggi. Sebagai petahana, Anas dinilai berhasil memimpin Banyuwangi oleh mayoritas warga Banyuwangi.

Ia mengatakan, sebelumnya dalam survei diketahui bahwa pemilih rasional Anas yang sulit digoyahkan (strong supporters) mencapai 84 persen. Mereka adalah pemilih rasional yang mendukung Anas karena alasan kinerja.

Berdasarkan hasil hitung cepat LSI ini sebaran kemenangan merata di semua wilayah, dengan terbesar di Kecamatan Kabat, Rogojampi, Singojuruh, dan Songgon dengan rata-rata kemenangan 92 persen.

Anas meminta semua pihak menunggu hasil perhitungan resmi oleh KPUD Banyuwangi.

"Hitung cepat secara ilmiah bisa dipertanggungjawabkan. Tapi kita semua harus menunggu perhitungan resmi KPUD," kata Anas.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015