Serang (ANTARA News) -Gubernur Banten Rano Karno bersama jajara KPU Pusat dan sejumlah delegasi negara asing emantau langsung pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Tangerang Selatan, di Tangsel, Rabu.

Rano Karno bersama perwakilan lembaga pemilihan umum dan kedutaan negara sahabat memantau sejumlah TPS termasuk lima TPS di sekitar bangunan SMP 11 Kota Tangsel, di Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Tangsel.

Hadir juga mendampingi Gubernur Banten Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Kepala Kesbangpol Banten Rusdjiman, Asda 1 Anwar Masud dan beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Banten.

"Hasil pemantauan kami di beberapa TPS di Tangsel ini pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar, partispasi pemilih juga cukup baik. Semua unsur penyelenggara pilkada dan instansi terkait sudah baik, TNI dan Polri mengamankan secara maksimal," kata Gubernur Banten Rano Karno usai memantau di TPS 12 Cilenggang Serpong.

Menurutnya, di Banten ada 4 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, yaitu Kota Tangsel, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. Pihaknyapun sudah menurunkan beberapa tim untuk memantau pelaksanaan di empat daerah tersebut.

"Berdasarkan laporan terakhir, semua berjalan denga baik. Paling penting yang kita harapkan adalah keamanan dalam proses pilkada ini," kata Rano.

Ia juga berharap partisipasi pemilih di empat daerah di Banten yang melaksanakan Pilkada serentak bisa diatas 50 persen dan meningkat dibandingkan pemilihan-pemilihan sebelumnya.

Pantauan di TPS 12 Kelurahan Cilenggang Kecamatan Serpong, jumlah pemilih di TPS tersebut ada 533 pemilih yang terdiri dari 258 laki -laki dan 275 pemilih perempuan. Di TPS tersebut partisipasi pemilih hingga sekitar pukul 10.45 WIB, jumlah pemilih yang melakukan pemungutan suara mencapai 70 persen.

Rano mengaku bangga karena Tangsel menjadi salah satu daerah yang dijadikan lokasi pemantauan perwakilan lembaga pemilihan umum KPU dari beberapa negara dan sejumlah LSM yang memantau pelaksanaan pilkada serentak tersebut.

"Mereka ingin melihat pelaksanaan demokrasi di Indonesia dan salah satunya di Tangsel, maka dari itu saya mendampingi mereka. Yang pasti kita bangga," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Pusat Ferry Rizki Kurniansyah menyebutkan, ada beberapa negara yang melakukan studi banding di Tangsel, seperti Palestina, Srilangka, Australi, Laos, Vietnam dan Iran.

"Ini bagian dari election visit program dan sharing informasi terkait pemilukada. Tujuannya untuk saling tukar informasi pengalaman dan studi banding dari lembaga pemilihan umum sejumlah negara asing," kata Ferry didampingi Komisioner KPU Pusat Arief Budiman.

Pewarta: Mulyana
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015