Ini mereka semua sangat terbuka untuk mempelajari hal baru, kritis, dan juga mandiri."
Depok (ANTARA News) - Ratusan pelajar dan mahasiswa berbaur di Taman Lingkar Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Minggu, mengikuti gelaran Rock The Vote Indonesia (RTVI) yang mengajak generasi muda peduli Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015.

"Rock The Vote merupakan gerakan pendidikan pemilih muda karena pemilih muda merupakan generasi baru pemilih yang memiliki sifat, karakter, latar belakang, pengalaman dan tantangan yang berbeda dengan generasi sebelumnya," ujar Direktur Pusat Studi Pemilu dan Partai Politik (CEPP) FISIP Universitas Indonesia yang memprakarsai RTVI, Reni Suwarso, kepada pers.

Center for Election and Political Party (CEPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI berkomitmen menegakkan demokrasi perwakilan di Tanah Air dan memperkuat kinerja lembaga demokrasi, khususnya parpol, DPR, DPD, MPR, KPU, Bawaslu, Panwaslu dan lembaga politik lainnya, serta peran serta kalangan muda.

Adapun RTVI yang digagas CEPP sejak 2013 menjadi gerakan bertujuan memberikan pendidikan politik, demokrasi dan pemilihan umum untuk pemilih muda. Gerakan ini memiliki jaringan di 45 kampus dari Aceh hingga Papua, dan melibatkan peran serta kalangan usia 17 hingga 29 tahun.

"Ini mereka semua sangat terbuka untuk mempelajari hal baru, kritis, dan juga mandiri," kata Reni.

Di lingkungan Kampus UI kali ini, mereka tampak antusias mengikuti pendidikan politik menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

CEPP
dalam gerakan Rock The Vote Indonesia mengajak pemilih muda untuk juga melek politik dan tidak apatis dengan pelaksanaan Pilkada serentak. Apalagi, salah satu kota yang akan ikut Pilkada serentak adalah Depok.

"Mereka diharapkan memiliki kesadaran organisasi dan komunitas untuk ikut serta mengawal demokrasi di Indonesia. Dari sini dapat terbangun dan mendapat pemimpin di semua wilayah Indonesia," ujarnya.

Saat peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia tahun 2045, ia mengemukakan, juga dapat disiapkan generasi yang mampu berdemokrasi secara lebih baik lagi.

"Ini harus kita siapkan secara bersama mereka semua sejak sekarang," demikian Reni Suwarso.
reka antusias mengikuti pendidikan politik menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 yang digelar Center for Election and Political Party University Link
yang berjejaring di 45 PTN/PTS se Indonesia.

Gerakan yang diberi nama Rock The Vote Indonesia ini mengajak pemilih muda untuk juga melek politik dan tidak apatis dengan pelaksanaan Pilkada serentak. Salah satu kota yang akan ikut Pilkada serentak yakni Depok.

"Rock The Vote merupakan gerakan pendidikan pemilih muda karena pemilih muda merupakan generasi baru pemilih yang memiliki sifat, karakter, latar belakang, pengalaman dan tantangan yang berbeda dengan para pemilih di generasi sebelumnya. Mereka sangat terbuka untuk mempelajari hal baru, kritis, dan juga mandiri," jelas Direktur CEPP FISIP UI Reni Suwarso, Minggu (1/11/2015).

Agenda kegiatan Rock The Vote Indonesia meliputi diskusi kelompok bawah pohon, election mock, pemutaran film pendek, serta penandatanganan deklarasi pemilih muda. Ada pula simulasi tata cara mencoblos di bilik suara.

"Melalui gerakan ini diharapkan kesadaran organisasi dan komunitas untuk ikut serta mengawal demokrasi di Indonesia dapat terbangun serta pemimpin Indonesia di 100 tahun kemerdekaan Indonesia tahun 2045 dapat dipersiapkan," tandasnya.


source: http://nasional.sindonews.com/read/1057912/12/mahasiswa-diminta-peduli-pilkada-serentak-1446359305

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015