Batam (ANTARA News) - Kualitas udara Kota Batam Kepulauan Riau membaik dengan level sedang pada Rabu, setelah selama lebih dari sepekan menyentuh level tidak sehat hingga sangat tidak sehat.

Berdasarkan pantauan stasiun pemantau kualitas udara Simpang Jam, Indeks Standar Pencemaran Udara pada Rabu, rata-rata di bawah 100 poin, jauh di bawah hari-hari sebelumnya yang menembus angka 200 poin.

"Kualitas udara hari ini relatif baik," kata Kepala Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah Kota Batam Dendi Purnomo.

Karena kondisi mulai membaik, maka Bapedalda menyatakan siswa Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak disarankan untuk masuk sekolah kembali, setelah libur beberapa hari.

"Jika kondisi kualitas udara seperti siang ini yang relatif cerah dan ISPU di bawah 100, maka PAUD dan TK dapat disarankan untuk masuk sekolah besok," kata Dendi.

Namun, Bapedalda akan terus memantau data ISPU, memastikan kadar pencemar masih di bawah 100.

"Nanti malam kami pantau lagi, kalau di atas 100, enggak jadi sekolah," kata Dendi.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Muslim Bidin menyatakan sudah mengumumkan kepada seluruh kepala sekolah TK dan PAUD untuk kembali mengaktifkan kegiatan belajar mengajar pada Kamis (8/10).

"Tapi tetap harus lihat kondisi besok, karena kualitas udara fluktuatif, tidak bisa dipastikan hari ini baik, besok akan baik juga," kata Muslim.

Hasil pantauan Bapedalda, sejak pagi kualitas udara Batam relatif baik dengan level ISPU sedang.

Pada pukul 6.00 WIB hingga 10.00 WIB kadar ISPU mencapai 82 (kategori sedang), pada pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB ISPU mencapai 89 (kategori sedang) dan ISPU terus turun pada pukul 13.00 WIB- hingga 15.00 WIB ISPU 86 (kategori sedang).

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015