Surabaya (ANTARA News) - Panglima Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, Laksamana Muda TNI Darwanto, menegaskan, Sail Tomini 2015, di Pantai Parigi, Sulawesi Tengah, pada pertengahan September 2015 akan mengukuhkan kembali kejayaan Indonesia sebagai bangsa bahari.

"Kegiatan itu juga mempromosikan destinasi pariwisata di daerah, khususnya Sulawesi Tengah, kepada masyarakat internasional," katanya, dalam amanat tertulis yang dibacakan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim, Laksamana Pertama TNI ING Ariawan.

Ariawan membacakan amanat Darwanto itu dalam apel pasukan di dermaga Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, Surabaya, Kamis.

Dalam apel gelar pasukan yang melibatkan unsur-unsur kapal perang dan kendaraan tempur yang terlibat dalam Sail Tomini 2015 itu, Darwanto menilai Sail Tomini 2015 wujud perhatian pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Perhatian itu akan menjadi bagian dalam percepatan pembangunan dan pengembangan potensi Maritim, sumber daya kelautan, dan pariwisata Indonesia," katanya dalam amanat tertulis itu.

Sail Tomini 2015 akan dimeriahkan layar lintas, demonstrasi helikopter militer, terjun payung, dan peragaan pendaratan peterjun payung militer di perahu karet, dan lain-lain.

26 kapal perang TNI AL, tujuh kapal perang negara sahabat, dan 11 kapal instansi masyarakat setempat ada dalam layar lintas itu.

Pewarta: Edy M Ya'kub
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015