Pembangunan kilang itu menerapkan skema kerja sama operasi (KSO) dengan jangka waktu hingga 30 tahun. Penerapan skema itu sudah sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan yang mengatur tentang skema KSO."
Batam (ANTARA News) - Pemerintah memberikan izin investasi pembangunan kilang minyak di Pulau Nipa, Batam, senilai 500 juta dolar Amerika Serikat kepada investor swasta PT Surya Mina Asinusa.

"Kami mendapatkan alokasi pemanfaatan lahan seluas 34 hektare di Nipa sejak 2014. Izin diperoleh dari Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kelautan Perikanan," kata Manajer PT Surya Mina Asinusa Andi Tan saat mengunjungi Pulau Nipa Batam, Senin.

Pulau Nipa merupakan salah satu wilayah terdepan NKRI yang masuk Kota Batam dan berbatasan langsung dengan Singapura yang sejak Indonesia dipimpin Presiden Megawati mulai direklamasi karena hampir tenggelam.

Saat ini, kawasan tersebut ditempati oleh Prajurit TNI di bawah Komando Lanan Batam dengan jumlah penjaga mencapai 14 orang.

"Pembangunan kilang itu menerapkan skema kerja sama operasi (KSO) dengan jangka waktu hingga 30 tahun. Penerapan skema itu sudah sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan yang mengatur tentang skema KSO," kata dia.

Menurut Andi, KSO dilakukan bersama Kemenhan bukan dengan pemerintah daerah setempat mengingat lahan di Pulau Nipah merupakan milik Kemenhan yang sebagian besar dimanfaatkan untuk pertahanan NKRI.

Saat ini perusahaan tersebut belum memulai tahapan konstruksi lantaran masih harus melengkapi perizinan seiring menyusun tahap disain proyek.

Meski demikian, kilang minyak tersebut nantinya akan berfungsi sebagai lokasi oil trading baik untuk dalam negeri maupun luar negeri termasuk PT Pertamina.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indiyono Soesilo bersama perwakilan investor, Kepala BP Batam Senin siang mengecek perkembangan Pulau Nipa yang menjadi lokasi pangkal pengukuran teritorial laut RI 12 mil dan zona ekonomi eksklusif (ZEE) 200 mil.

Menko Kemaritiman mengatakan Pulau Nipa sangat strategis bagi keutuhan NKRI dan bisa juga sebagai lokasi investasi untuk swasta.

Pulau tersebut memiliki luas 60 hektare, saat ini sekitar 40 hektare dipakai sebagai markas TNI AL untuk mengamati kondisi di perairan Selat Malaka antara Indonesia dan Singapura.

"Pulau Nipa sangat penting untuk Indonesia maka harus diselamatkan. Kalau titik itu hilang, Indonesia kehilangan banyak wilayah khususnya perairan. Di Nipa juga ada pihak swasta yang mendapat izin dari Kemenhan dan KKP," kata dia.

Pewarta: Larno
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015