Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ekonomi Kreatif akan menggelar Bogor Expo 2015 dalam rangka memeriahkan hari jadi Bogor (HJB) ke-533 yang jatuh pada tanggal 3 Juni mendatang.

"Bogor Expo 2015 mengangkat tema sinergi produk unggulan dan destinasi wisata sebagai aset potensi daerah yang prospektif," kata Kepala Seksi Pengembangan dan Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Kota Bogor Iis Sobariah, Rabu.

Ia menjelaskan Bogor Expo 2015 menampilkan kerajinan ekonomi kreatif para pelaku usaha yang ada di Kota Bogor dan wilayah lainnya berlangsung mulai 28 Mei hingga 1 Juni 2015.

"Pameran kali ini kita tempatkan di lokasi yang mudah dijangkau masyarakat luas seperti di Lapangan Sempur atau di GOR Padjajaran," katanya.

Dikatakannya dalam penyelenggaraan Bogor Expo 2015 pihaknya menggandeng pihak swasta yakni PT Aaliyah Cipta Pradana yang akan berkontribusi aktif dalam penyelenggaraan pameran tahunan tersebut.

Nantinya, lanjut dia, Bogor Expo 2015 akan diisi dengan rangkaian acara workshop, talkshow, demo produk UKM, pentas kesenian nusantara, pertunjukan musik dan hiburan, hingga aneka perlobaan bagi siswa mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga SMA.

"Akan ada "city tour" atau kegiatan keliling kota dengan tujuan Istana Bogor dan Taman Safari Indonesia," katanya.

Menurut Iis, penyelenggaraan Bogor Expo 2015 juga melibatkan instansi terkait, di antaranya Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Penanaman Modal, BUMN dan BUMD, pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia, perusahaan lokal, nasional, serta multinasional.

"UMKM kita libatkan ikut dalam pameran ini, beragam produk akan ditampilkan, mulai pameran kerajinan, kuliner, serta profil pemerintahan dan perusahaan," katanya.

Ia menyebutkan tujuan penyelenggaraan Bogor Expo 2015 selain untuk memeriahkan HJB ke-533 juga untuk mendukung salah satu misi Pemerintah Kota Bogor menjadi kota jasa yang berorientasi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Acara tersebut, lanjut dia, memfasilitasi terbukanya peluang kerja sama dan perkembangan produk-produk ekonomi kreatif yang dihasilkan para pelaku usaha serta menjadi ajang promosi produk.

Ia menambahkan, Bogor Expo 2015 menjadi ajang promosi objek dan daya tarik wisata daerah untuk meningkatkan citra pariwisata di Indonesia pada umumnya dan Kota Bogor khususnya.

"Serta memperluas peluang usaha dan investasi melalui program kemitraan secara nasional dan multinasional sehingga tercipta iklim perdagangan yang kondusif bagi produk-produk unggulan daerah.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015