Ini jelas merupakan insiden sangat memprihatinkan...
Sydney (ANTARA News) - Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan ia telah menggelar rapat Komite Keamanan Nasional untuk memberikan penjelasan atas aksi penyanderaan sebuah kafe di Martin Place, Sydney, Senin.

"Ini jelas merupakan insiden sangat memprihatinkan tetapi semua warga Australia harus diyakinkan bahwa lembaga penegak hukum dan keamanan kami yang terlatih akan menanggapi secara menyeluruh dan profesional," kata pernyataan dari kantor perdana menteri yang dikutip Reuters, Senin.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan motif penyanderaan tersebut masih belum jelas apakah bermotif politik atau tidak.

"Kami belum tahu apakah ini bermotif politik, meskipun ada beberapa indikasi bahwa ada kemungkinan ke sana," kata Abbott kepada wartawan di Canberra.

Aksi penyanderaan oleh seorang pria bersenjata di Cafe Lindt di kawasan Martin Place, Sydney, Australia berlangsung sejak pukul 09.00 waktu setempat.

Menurut seorang jurubicara Cafe Lindt Australia, Steve Loane, mengatakan setidaknya ada sekitar 10 staf yang bekerja di kafe tersebut dan mungkin sebanyak 30 pelanggan yang diduga ikut tersandera di sana.

Pewarta: Ageng Wibowo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014