Pertemuan ini wujud nyata hubungan politik yang baik antara Indonesia dengan Sri Lanka...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa dan Menteri Luar Negeri Republik Sri Lanka Gamini Lakshman Peiris bertemu dalam sidang komisi bersama di Jakarta untuk membahas peningkatan kerja sama di bidang ekonomi.

"Pertemuan ini wujud nyata hubungan politik yang baik antara Indonesia dengan Sri Lanka dan yang perlu kami lakukan adalah mewujudkan kerja sama konkret di bidang ekonomi," kata Marty Natalegawa di Jakarta, Senin.

Pada pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Marty mengatakan Indonesia dan Sri Lanka sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi khususnya di sektor perdagangan, investasi, pertanian, perikanan, dan pariwisata.

Marty menjelaskan Indonesia dan Sri Lanka sudah memiliki target perdagangan yang harus dicapai pada tahun 2015.

"Kami sudah memiliki target nilai perdagangan yang mencapai satu miliar dolar AS pada tahun 2015 namun sampai saat ini masih belum tercapai karena ada kendala sehingga kami meningkatkan kerja sama ini," katanya.

Marty juga menjelaskan telah membahas secara terperinci dengan Gamini Lakshman Peiris mengenai langkah yang perlu dilakukan guna memastikan kerja sama kedua negara sesuai dengan target yang direncanakan.

"Kami sepakat melipatgandakan upaya ini melalui kerja sama agar hubungan baik yang terjalin bisa semakin baik," kata Marty.

Selain itu, Gamini Lakshman Peiris mengatakan kerja sama dengan Indonesia akan banyak memberikan keuntungan secara ekonomi, politik dan juga memajukan sumber daya manusia dan kesehatan di negaranya.

"Sri Lanka harus berkontribusi untuk bekerjasama dengan negara lain, saling mengerti hubungan politik dengan negara lain dan keuntungannya bagi kami adalah kami bisa meningkatkan ekonomi, sumber daya manusia dan kesehatan negara kami," kata Gamini.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014