Ke depan kita harus kerja keras perlu kiranya DPD dipopulerkan dan disosialisasikan ke masyarakat agar mengerti apa itu DPD RI,"
Jakarta (ANTARA News) - Senator daerah asal Kalimantan Barat Oesman Sapta Odang atau Oso menegaskan kesiapannya mengemban sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2014--2019.

"Ke depan kita harus kerja keras perlu kiranya DPD dipopulerkan dan disosialisasikan ke masyarakat agar mengerti apa itu DPD RI," kata Oso di Jakarta Rabu.

Oso mengatakan masyarakat harus mengetahui lembaga DPD RI karena anggota perwakilan daerah itu dipilih langsung rakyat untuk memajukan daerah yang mengusungnya.

Mantan Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Utusan Daerah (FUD) periode 1999-2004 itu menuturkan peranan DPD RI sebelumnya telah menunjukkan kinerja yang baik namun belum sesuai dengan harapan masyarakat.

Guna mempopulerkan lembaga DPD RI, Oso menyatakan perlu manajemen publikasi dan sosialisasi yang intens terhadap masyarakat.

Terkait pemilihan calon Ketua DPD RI 2014-2019 yang akan berlangsung pada Rabu sekitar pukul 20.00 WIB itu, Oso siap menjalankan amanat jika dipercaya dan ditunjuk memimpin lembaga senator daerah tersebut.

"Siap (jadi Ketua) tapi saya tidak melakukan lobi, hanya teman-teman saja melobi untuk saya," ujar Oso.

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) itu menyadari tidak akan menjadi Ketua DPD RI yang amanah jika melobi dan bertarung sendiri karena hal itu menunjukkan kepentingan pribadi.(*)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014