Sekarang ini cukup menarik karena banyak sekali tokoh ternama yang terpilih masuk dalam bursa kandidat (Ketua DPD RI),"
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pihak menyebutkan pengusaha Oesman Sapta Odang atau Oso memiliki kapabilitas sebagai calon kuat Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2014-2019.

"Sekarang ini cukup menarik karena banyak sekali tokoh ternama yang terpilih masuk dalam bursa kandidat (Ketua DPD RI)," kata anggota DPD Provinsi Banten terpilih Achmad Badri di Jakarta Selasa malam.

Selain Oso, Badri menyebutkan beberapa nama yang muncul menjadi kandidat Ketua DPR RI yakni Irman Gusman, Farouk Muhammad dan Gusti Ratu Kanjeng Hemas.

Badri menuturkan seluruh anggota DPD RI yang terpilih tengah mengikuti kegiatan pengenalan dan pembekalan.

Terkait pemilihan calon Ketua DPD RI, Badri menyatakan sejumlah nama yang muncul berupaya melakukan pendekatan dan dialog.

Badri yang mewakili Provinsi Banten mengharapkan pimpinan DPD RI periode 2014-2019 bisa membangun konstruktif terhadap pemerintah dan menguatkan lembaga internal.

"Tidak terlalu konservatif kita lakukan terobosan sekarang terkesan normatif," ujar Badri seraya menambahkan pimpinan DPD RI harus berani menyuarakan persoalan daerah.

Tanpa memperhitungkan kinerja DPD RI periode sebelumnya, Badri mengakui pencapaiannya cukup berprestasi namun perlu ditingkatkan dengan sikap yang agresif karena selama ini anggota DPD RI dianggap "anak manis" sehingga kurang menarik perhatian.

Sementara itu, Oso yang terpilih menjadi anggota DPD RI Provinsi Kalimantan Barat menyatakan tidak berandai-andai menjadi ketua lembaga perwakilan daerah itu.

"Insya Allah kalau sehat dan orang percaya namanya amanah tidak berandai-andai," tutur Oso.

Oso tidak menampik ada sejumlah dukungan kepada dirinya untuk menjadi pimpinan DPD RI.

(T014/N005)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014