Kediri (ANTARA News) - Sebanyak tiga dari 786 jamaah asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang seharusnya berangkat menunaikan ibadah haji 2014 gagal berangkat.

Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Agama Kabupaten Kediri Agus Supriadi, Jumat, mengatakan tiga jamaah itu dua di antaranya sakit, yaitu Masno dari Kecamatan Ngadiluwih serta Mbah Haja dari Mojo. Sementara, jamaah yang masih bermasalah dalam paspor adalah Husen dari Kecamatan Plemahan.

"Untuk yang sakit, keluarga sudah memberi tahu tiga hari sebelum keberangkatan, jadi bukan saat keberangkatan," katanya menjelaskan.

Untuk jamaah yang bermasalah paspornya, Agus mengatakan saat ini sudah tidak bisa berangkat lagi. Pihaknya akan mengupayakan agar yang bersangkutan berangkat pada musim haji tahun depan (2015).

Ia juga mengatakan, jamaah calon haji asal Kabupaten Kediri sudah berangkat pada Kamis (11/9) pagi. Mereka naik sebanyak 18 bus yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

Mereka berangkat dari kabupaten dan langsung ke Asrama Haji Surabaya dan setelah istirahat, mereka akan bersiap langsung ke Tanah Suci dengan naik pesawat lewat Bandara Juanda, Surabaya, guna menunaikan ibadah haji dengan jamaah lainnya.

Pewarta: Destyan Handri Sujarwoko
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014