Pangkalpinang (ANTARA News) - Sebanyak 56 peserta Ujian Nasional (UN) paket B di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) tidak mengikuti ujian tersebut karena waktu pelaksanaannya bersamaan dengan jadwal pekerjaan mereka.

"Pada umumnya peserta UN paket B itu adalah orang yang sudah bekerja dan sebelumnya mereka juga sudah memberitahu bahwa berkemungkinan tidak bisa keluar selama masih dalam jadwal pekerjaan," kata Ketua Panitia Pelaksana, Aminah di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, untuk peserta yang tidak bisa mengikuti pelaksanaan UN paket B pada periode pertama ini akan diadakan UN paket B periode kedua agar mereka tetap bisa mengikuti ujian mengingat pentingnya pendidikan.

"Bagi peserta yang tidak dapat mengikuti ujian itu saat ini dapat mengikuti ujian Paket B periode kedua yang akan dilaksanakan pada 19-21 Agustus 2014. Ujian ini juga dilaksanakan berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini peserta yang mengikuti UN itu berjumlah 144 orang, sedangkan jumlah peserta secara keseluruhan 200 orang yang merupakan peserta dari tujuh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di daerah itu.

"Ujian paket B yang berlangsung 5--7 Mei 2014 berjalan dengan sangat lancar dan aman tanpa ada keluhan berarti dari peserta baik mengenai naskah soal maupun lembar jawaban," kata dia.
(KR-KMN/R014)

Pewarta: Kasmono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014