Banda Aceh (ANTARA News) - Pemkot Banda Aceh menemukan lembaran soal mata pelajaran Bahasa Inggris terisi dalam amplop Bahasa Indonesia pada hari pertama pelaksaan Ujian Nasional 2014 di SMA Luar Biasa (SLB) Kota Banda Aceh.

"Ada lima soal Bahasa Inggris di dalam amplop Bahasa Indonesia, dan langsung diatasi dengan menggantikan soal dari sekolah lain," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kota Banda Aceh Syaridin di Banda Aceh, Senin.

Penggantian soal tersebut kata Syaridin dengan cara melakukan penggandaan (foto kopi) soal UN dari SMU Negeri 4 Banda Aceh, dengan syarat menjilid hasil penggandaan dengan lembaran jawaban UN dan membuat berita acara.

Terjadinya kesalahan pengisian soal tersebut, ia menduga ketika lembaran jawaban masih pengepakan di Jakarta, sebab naskah soal sebelum dibagikan ke sub-sub rayon setiap kecamatan sudah tersegel dengan rapi.

"Jadi, sejauh ini belum ada kendala berarti terkait pelaksanaan UN SMA di Banda Aceh," katanya menjelaskan.

Adapun peserta UN di Sekolah Luar Biasa di Banda Aceh diikuti sebanyak 13 siswa. Jumlah tersebut gabungan dari empat sekolah, yaitu SLB, YPAC, YPPC, dan Bukesra.

Sementara total peserta UN pada 2014 di Kota Banda Aceh sebanyak 4.591 siswa dengan rincian Sekolah Menengah Kejuruan 1.007 orang, dan SMA/MA tercatat 3.943 siswa.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014