Kediri (ANTARA News) - Para pengungsi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, membutuhkan material bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk kembali membangun rumah mereka yang rusak pascaletusan Gunung Kelud pekan lalu.

"Bantuan logistik mencukupi, tapi untuk mereka (para pengungsi) kami harapkan bantuan bahan bangunan," kata Wakil Bupati Kediri Masykuri di Kediri, Selasa.

Ia menyebut, 3.224 bangunan rusak berat dan 2.192 bangunan rusak ringan. Bangunan itu terdiri dari rumah, sekolah, dan fasilitas umum lainnya.

"Jumlah itu masih sementara, masih kasar. Bisa jadi bertambah," katanya.

Dia menyatakan pemulihan difokuskan untuk perbaikan bangunan dan akan bekerjasama dengan TNI untuk perbaikan tersebut, namun perbaikan masih menunggu kondisi Gunung Kelud kembali stabil.

PVMBG menyatakan sampai saat ini status Gunung Kelud masih Awas sehingga radius 10 kilometer harus steril.

"Kami tunggu satu pekan ini, kalau sudah tidak terjadi erupsi, kami dorong mereka (pengungsi) kembali ke rumah masing-masing," ucapnya.

Dia masih mengharapkan sumbangan bahan bangunan untuk menambah yang sudah ada kini 12 ribu sak semen serta 12 ribu genteng.

Masykuri mengaku terus berkomunikasi dengan pemerintah provinsi, sedangkan Gubernur Jawa Timur telah menyatakan jika bencana ini bencana provinsi,  maka pemerintah provinsi siap membantu.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014