Kediri (ANTARA News) - Aktivitas warga Kota Kediri dan Kabupaten Kediri Jawa Timur kembali normal hari ini menyusul menurunnya tutupan abu vulkanik Gunung Kelud di daerah ini.

"Zona aman turun di level satu kilometer untuk pagi ini. Abu vulkanik masih muncul sampai ketinggian sekitar dua hingga tiga kilometer dari ketinggian tujuh kilometer pada Sabtu," kata Anggota Tim Rescue Sentra Komunikasi Mitra Polri, Agus Salim, kepada Antara di Posko Utama Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Pengungsian Kediri.

Agus mengatakan, kemarin (16/2) lahar dingin berupa krikil dan pasir Gunung Kelud terlihat di Kampung Baru, Kebonrejo, dan Besowo di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

Kepala Pusat Badan Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkat kepada Antara, mengkonfirmasi zona aman Gunung Kelud masih berada pada lima kilometer.

Berdasarkan pantauan Antara, sekolah-sekolah telah melanjutkan kegiatan belajar-mengajar setelah sempat libur Jumat dan Sabtu pekan lalu.

Pemandangan serupa juga terlihat di perkantoran pemerintah daerah, pasar tradisional serta pertokoan yang beraktivitas normal kembali meski cuaca mendung menyelimuti Kediri sejak pagi.

Hujan yang turun di Kediri Minggu sore kemarin belum mampu menyingkirkan sisa material vulkanik yang masih ada di rumah-rumah warga dan sejumlah ruas jalan. Sebagian warga Kediri membersihkan atap rumah mereka dari sisa pasir yang menempel.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014