Petugas menemukan singa ini dalam kondisi sudah mati di kandangnya sekitar pukul 07.00 WIB. Kemungkinan singa itu terjerat sling saat malam hari
Surabaya (ANTARA News) - Seekor singa jantan (panthera leo) berumur 1,5 tahun yang diberi nama Michael ditemukan mati di Kebun Binatang Surabaya, Selasa.

Humas Kebun Binatang Surabaya (KBS) Agus Supangat mengatakan singa tersebut mati bukan karena terkena penyakit.

Michael ditemukan mati dalam posisi leher terjerat sling atau tali dari baja yang digunakan sebagai penarik pintu kandang.

Setelah dilakukan autopsi, dipastikan singa tersebut mati karena terjerat sling di bagian leher sehingga membuat binatang buas asal Afrika ini tidak bisa bernafas.

Direktur Operasional dan Umum PDTS KBS, drh. Liang Kaspe memastikan bahwa sebelumnya tak ada tanda-tanda Michael sedang sakit.

Di dalam kandang juga tidak ada tangga atau apa pun yang bisa digunakan untuk memanjat. "Kawat juga kaku, tidak lemas yang memungkinkan Michael terlilit saat meloncat," katanya.

Ia mengatakan pihaknya masih menyelidiki bagaimana Michael bisa terjerat kawat tersebut.

Sementara itu, Agus menjelaskan Michael adalah singa yang dititipkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) ke KBS sejak 28 Maret 2013.

Dengan matinya Michael, kini KBS hanya memiliki lima singa, yakni empat betina, satu jantan.

Sebelumnya, pada awal 2013, seekor gnu (wildebeest), binatang khas Afrika mati di KBS pada Senin (6/1).


Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014