Rakyat memiliki hak dalam menentukan pilihan dan mereka sudah melakukannya. Dari hasil yang didapat, rakyat memilih dan memercayakan kepada kami. Ini adalah kemenangan rakyat,"
Surabaya (ANTARA News) - Pasangan Calon Gubernur Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) yang memenangi Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur versi hitung cepat mengatakan bahwa hasil ini merupakan kemenangan rakyat Jawa Timur.

"Rakyat memiliki hak dalam menentukan pilihan dan mereka sudah melakukannya. Dari hasil yang didapat, rakyat memilih dan memercayakan kepada kami. Ini adalah kemenangan rakyat," ujar Soekarwo kepada wartawan ditemui di kediamannya, Jalan Imam Bonjol Surabaya, Kamis.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan rakyat Jawa Timur jika nantinya masih dipercaya memimpin.

Meski sudah unggul di semua penghitungan cepat, namun pihaknya mengaku tidak mau gegabah dan berlebihan merayakan euforia kemenangan karena masih menunggu proses penghitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur.

"Semua keputusan ada di penghitungan manual. Jadi, lebih baik menunggu dan tidak berlebihan merayakan kemenangan ini. Kalau akhirnya tidak jauh berbeda maka itu amanat rakyat yang wajib dijalankan," kata suami Nina Kirana tersebut.

Terhadap pasangan lain, Pakde Karwo mengaku tidak ada dendam dan akan merangkul semuanya, termasuk semua partai politik demi kemajuan dan kebersamaan.

Ia bahkan mengajak bergandengan membangun Jawa Timur menjadi provinsi yang semakin maju dan menyejahterakan masyarakat.

"Semua program cagub-cawagub akan diadopsi demi kesejahteraan rakyat. Selama kampanye, program dan visi misi sangat diharapkan buktinya oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur Saifullah Yusuf optimistis hasil hitung cepat ini tidak jauh berbeda dengan penghitungan manual oleh KPU nantinya. Kendati demikian, pihaknya masih menunggu penghitungan dan keputusan resmi.

"Kami masih menunggu penghitungan manual, dan berharap tim pemenangan maupun relawan Karsa untuk mengawasi mulai dari TPS, PPK hingga ke tingkat kabupaten/kota," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut.

Usai penghitungan lembaga hitung cepat, pasangan petahana tersebut menerima "banjir" ucapan selamat dari berbagai pihak. Di kediamannya, semua pimpinan partai politik pengusung dan pendukung datang dan merayakan kemenangan.

Tidak itu saja, sejumlah tokoh-tokoh masyarakat dan ulama ikut hadir mengucapkan selamat ke Pakde Karwo dan Gus Ipul beserta keluarganya.

(KR-FQH/I007)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013