London, Inggris (ANTARA News) - Seorang joki wanita berusia 25 tahun asal Selandia Baru tewas karena jatuh dari kudanya dalam satu perlombaan di kawasan utara Inggris, Minggu, demikian diumumkan Asosiasi Berkuda Selanda Baru (WSNZ), Senin.

Para penunggang kuda Olimpiade dari beberapa negara berkumpul untuk berlomba pada hari terakhir kejuaraan di Somerford Park di Congleton, Cheshire, ketika kecelakaan itu terjadi.

"Seorang penunggang kuda mengalami cedera fatal di Somerford Park International Horse Trials hari ini," demikian pernyataan dari petugas di Somerford Park.

"Tidak ada informasi lebih lajut yang dapat diumumkan, hingga ada pemeriksaan dari yang berwajib," bunyi pengumuan itu dengan tanpa menyebutkan nama penunggang kuda yang tewas itu.

Asosiasi Berkuda Selandia Baru kemudian mengumumkan bahwa joki itu berasal dari negara mereka.

"Ini merupakan hari tragis bagi cabang olahraga ini dan akan menjadi ingatan bagi komunitas berkuda di Selanda Baru serta bagi keluarga korban," kata Ketua Eksekutif ESNZ, Jim Ellis.

Pihak kepolisian Cheshire menyatakan pihaknya dipanggil ke tempat kejadian pada pukul 3:00pm waktu lokal (1400 GMT).

"Peristiwa ini amat menyedihkan. Kami diberitahu bahwa ada penunggang kuda wanita terjatuh dan tewas. Ini tentu merupakan kecelakaan yang amat tragis," kata polisi setempat. 

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013