AsiaNet 53945

SYDNEY, 14 Agustus 2013 (ANTARA/Medianet International - AsiaNet) --

- Fakultas Kedokteran UNSW Australia terkenal memiliki tingkat kualifikasi yang tinggi

- Dengan dibukanya Program Doktor Fakultas Kedokteran (MD) diharapkan mampu meningkatkan peluang global bagi para lulusan UNSW

- Kurikulum dan biaya perkuliahan tetap sama


     Para lulusan Fakultas Kedokteran UNSW Australia akan memperoleh tingkat kualifikasi yang lebih tinggi, Doktor Kedokteran yang mendapat pengakuan dunia.

     Fakultas Kedokteran UNSW telah mendapatkan pengesahan dari negara untuk membuka program Sarjana Kedokteran/Doktor Kedokteran (MD), yang menggantikan program tradisional Sarjana Kedokteran/Sarjana Pembedahan (MBBS). Langkah ini memungkinkan para mahasiswa mendapatkan manfaat ganda berupa pengakuan akademis dan peluang kerja global yang lebih luas, tanpa adanya gangguan terhadap pendidikan mereka.
 
     Untuk angkatan 2014, pendaftaran dibuka mulai tahun ini dan mahasiswa yang telah terdaftar program sebelumnya dapat langsung mengikuti program MD - angkatan pertama akan lulus pada bulan Desember 2013 (lihat: http://med.unsw.edu.au/mbbs-md-benefits-explained#.UgrgBJJHJ2A)

     Dekan Fakultas Kedokteran UNSW, Profesor Peter Smith, mengungkapkan sebuah ulasan terbaru terhadap MBBS yang menyatakan bahwa para mahasiswa Fakultas Kedokteran UNSW pada kenyataanya belajar pada tingkatan pasca sarjana.

     "Dan dengan memperkenalkan MD, kami yakin kami akan dapat lebih mengenal potensi mahasiswa-mahasiswa kami - tanpa perlu mengubah kurikulum," ungkapnya.

     Langkah ini mengangkat kualifikasi program sarjana ganda satu tingkat lebih atas menjadi tingkat kualifikasi pascasarjana, sebuah pengakuan atas pengetahuan, kemampuan, pemikiran, dan keahlian klinis terdepan, sebagaimana kualifikasi yang diterapkan oleh Fakultas Kedokteran UNSW. Program MD telah dikenal dan diakui di seluruh dunia dan merupakan standar kualifikasi medis di Amerika Serikat, destinasi favorit bagi pelatihan pascasarjana kedokteran.  
          
     Program MD UNSW merupakan kualifikasi tingkat 9 pada skala Kerangka Kerja Kualifikasi Australia (AQF), dibandingkan dengan program MBBS yang menempati tingkat 7. Selain itu, Badan Medis Australia telah mengakui program MD UNSW baru.

     Program MD UNSW menawarkan durasi pendidikan kompetitif selama enam tahun, periode pendidikan minimum untuk kualifikasi Sarjana/MD terpadu. Masa pendidikan ini mencakup Proyek Pembelajaran Independen substansial guna mengembangkan kemampuan para mahasiswa untuk menjalani riset secara independen dan memiliki kemampuan analisa berbagai permasalahan yang kompleks; kemampuan dasar yang sangat penting untuk menghadapi dunia kerja.
   
     Para mahasiswa yang menyelesaikan program Sarjana sebelum mendaftar pada program MD akan dapat menyelesaikan pendidikan selama tujuh tahun.

     Dengan program MD baru ini, proses kurikulum, dan pendaftaran tetap sama. Selain itu, tak akan ada yang berubah pada biaya perkuliahan bagi mahasiswa internasional.

     Kontak: Louise.Williams@unsw.edu.au +61 407 061 209

     Sumber : UNSW Media Office

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013