Jakarta (ANTARA) - Mercedes menganjurkan para pengguna kendaraan Mercedes-Benz diesel untuk menggunakan Pertamina DEX.

"Kendaraan diesel Mercedes-Benz telah memenuhi standar emisi EURO 4 yang membutuhkan bahan bakar berkualitas tinggi dengan kadar sulfur yang rendah untuk menghasilkan tenaga yang besar, irit bahan bakar, suara halus, dan emisi gas buang yang ramah lingkungan yang hanya dimiliki produk Pertamina DEX," kata
Presiden & CEO PT Mercedes-Benz Claus Weidner.

Ia mengungkapkan respon konsumen akan teknologi mesin diesel modern setiap tahunnya meningkat, terlihat dari pertumbuhan penjualan Pertamina DEX yang meningkat sebesar 150 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketika ditanya mengenai merk lain, Claus menegaskan bahwa pihaknya hanya merekomendasikan Pertamina DEX untuk kendaraan diesel Mercedes-Benz.

"Kita hanya merekomendasikan untuk menggunakan pertamina DEX, meskipun kondisinya darurat. Jadi tidak ada pilihan lain," ujar dia.

PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan PT Mercedes-Benz Indonesia dalam penyediaan bahan bakar diesel Pertamina DEX untuk seluruh kendaraan diesel Mercedes-Benz yang beredar di Indonesia.

Jalinan kerja sama yang ditandatangani Pertamina dengan Mercedes-Benz itu dilakukan bersamaan dengan peluncuran mobil diesel Mercedes-Benz terbaru dengan tipe ML 250 CDI.

"Pertamina DEX memiliki beberapa keunggulan utama dibandingkan bahan bakar diesel lain, yakni angka cetane yang dimiliki minimum 53. Ini membuat mesin lebih bertenaga, lebih irit, suara lebih halus, dan mudah dinyalakan," ujar Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution PT Pertamina Suhartoko saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Selain itu, kandungan sulfur di bawah 300 ppm dan kandungan partikulat yang sangat sedikit dan bersih membuat emisi gas buang kendaraan menjadi lebih ramah lingkungan.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013