... ziarah ke makam itu keinginan siswa... "
Kudus, Jawa Tengah (ANTARA News) - Ibarat mau berangkat ke medan juang, pelajar-pelajar di Kudus, Jawa Tengah, memadati makam Sunan Kudus. Mereka berziarah alias nyekar, untuk memantapkan hati, sebagai bagian persiapan menempuh Ujian Nasional.

Juru bicara Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus, Deny Hakim, di Kudus, Jumat, mengungkapkan, pelajar yang berziarah ke makam Sunan Kudus memang mulai terlihat sejak beberapa hari terakhir. Sunan Kudus merupakan seorang dari sembilan wali, Wali Songo, yang menyebarkan ajaran Islam di Jawa dan Tanah Air.

"Biasanya, mereka berziarah secara rombongan bersama teman satu sekolah," ujarnya. Bahkan beberapa rombongan pelajar juga didampingi guru mereka.

Ia memperkirakan, pekan ini jumlahnya akan bertambah karena mendekati pelaksanaan UN yang akan dimulai 15-18 April 2013.

Salah seorang siswa SMK Duta Karya yang ditemui usai berziarah di makam Sunan Kudus, Vania, mengakui, "Berziarah ke makam itu keinginan siswa, sehingga semua siswa yang akan mengikuti UN sepakat melakukan ziarah ke makam wali hari ini." Dia hadir bersama sekitar 100 teman sekolahnya. 

Vania berharap, dengan ziarah ke makam wali ini, bisa menambah rasa kepercayaan diri, sehingga selama pelaksanaan UN diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjawab soal ujian.

"Selama ini, kami sudah belajar tekun, karena sejak lama dipersiapkan dengan tambahan jam pelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan lewat UN," ujarnya.

"Mudah-mudahan, semua siswa SMK Duta Karya Kudus bisa lulus 100 persen," ujarnya.   

(KR-AN/N001) 

Pewarta: Akhmad N Lathif
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013