"Kotak Pandora Kebijakan Nasional Kebudayaan"
Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Prof Dr Bambang Wibawarta sebagai guru besar tetap.

"Pak Bambang dikukuhkan sebagai guru besar kedua UI pada 2013 ini," kata Ketua Dewan Guru Besar UI Biran Affandi di Balai Sidang UI Depok, Rabu.

Menurut dia UI saat ini mempunyai 248 guru besar, di antaranya sebanyak 186 guru besar tetap, 7 guru besar luar biasa, 38 guru besar emeritus.

"Kami juga mempunyai 10 calon guru besar yang saat ini masih digodok di Dikti," ujarnya.

Ia mengatakan Fakultas Ilmu Budaya mempunyai 11 guru besar dan Fakultas Teknik mempunyai 42 guru besar.

Sementara itu Prof Dr Bambang Wibawarta dalam pidato pengukuhan yang berjudul "Kotak Pandora Kebijakan Nasional Kebudayaan" mengatakan unsur penting dalam strategis kebudayaan merupakan proses pembudayaan.

Strategi kebudayaan terkait berbagai sektor budaya, politik, pemerintah, hukum, ekonomi, pendidikan, moral, etika, lingkungan, kesenian, bahasa, serta sektor-sektor budaya lainnya.

"Sudah semestinya melalui strategi dan kebijakan kebudayaan kita membangun kearifan nusantara dari kekayaan kearifan lokal," ujar Bambang.

Nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang ada haruslah dilihat secara sistematis agar tidak hanyut oleh gelombang dahsyat globalisasi.

Bambang mengatakan globalisasi yang kian menyusup ke berbagai sendi kehidupan adalah keniscayaan sejarah, dan ini memerlukan strategi dan kebijakan kebudayaan yang tidak hanya dapat dijadikan benteng agar tidak hanyut dan tenggelam diterjang gelombang globalisasi, namun dapat dimanfaatkan untuk pembangunan bangsa.

Budaya, lanjut bambang, haruslah menjadi koordinat dalam berbagai perubahan dan perencanaan pembangunan. Membangun berbasis budaya adalah meletakkan manusia pada posisi tertinggi dalam setiap perubahan.

Dikatakannya dalam perumusan kebijakan nasional kebudayaan termasuk UU Kebudayaan perlu dilakukan kehati-hatian.

"Jangan sampai kebijakan atau UU yang dibuat justru menjadi kotak pandora yang menyertai patung ciptaan Haphaestus atas perintah Zeus yang berisi wabah, ketakuatan, dan bencana," katanya.
(F006)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013