Singaraja, Buleleng (ANTARA) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, fokus pada penguatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi serta penguatan mutu dosen dan tenaga kependidikan pada tahun anggaran 2024.

"Penguatan juga dilakukan pada sistem tata kelola Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, dan reformasi digital di semua aspek layanan pendidikan," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Undiksha Dr Rasben Dantes dalam keterangan yang diterima di Singaraja, Sabtu.

Saat berbicara pada Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Program dan Penetapan Alokasi Anggaran 2024 di Jakarta, Sabtu, Rasben mengemukakan, terdapat empat hal penting yang menjadi acuan Undiksha dalam penyusunan program dan pelaksanaan operasional tahun 2024.

Baca juga: Undiksha Bali perkuat LPPPM untuk kembangkan kurikulum Kampus Merdeka

Program dimaksud adalah penguatan sumber daya manusia, penguatan sarana prasarana, student body, penguatan kurikulum, dan pendidikan karakter. Lima program ini sebagai upaya untuk menjawab target capaian, yaitu Undiksha menjadi PTN-BH, akreditasi internasional, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri.

Selain itu, juga meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan mewujudkan Undiksha sebagai International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL).

Secara khusus, Undiksha juga berupaya meningkatkan kualitas tata kelola setiap bidang, baik bidang akademik dan kerjasama, bidang perencanaan, perencanaan, keuangan, dan sumber daya, serta bidang kemahasiswaan.

"Langkah-langkah strategis yang dirancang ini diharapkan dapat mempercepat terwujudkan visi Undiksha, yaitu Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada 2045," katanya.

Baca juga: Undiksha Singaraja-Bali siap buka delapan prodi Sarjana Terapan

Ia mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang sedang berkembang, Undiksha telah berhasil meraih berbagai prestasi tingkat nasional, di antaranya selama 2022, dalam pemeringkatan webomatrics, Undiksha berada di peringkat 35 di Indonesia dan peringkat satu untuk perguruan tinggi di Bali.

Pada 2021 dan 2022, Undiksha berada di peringkat 11 nasional dalam pemeringkatan Scimago Institution Rangking 2022, berdasarkan data pencapaian IKU tahun 2021, Undiksha berada di urutan ke-8 dari 33 PTN Badan Layanan Umum.

Selain itu, pada 2021, Undiksha juga menerima penghargaan terbaik pertama untuk Nilai Kerja Anggaran dan terbaik ketiga untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dan terdapat sejumlah prestasi lainnya yang ditorehkan mahasiswa, baik tingkat nasional maupun internasional.

Pada kesempatan itu, Rasben Dantes juga menyampaikan pesan Rektor Undiksha I Nyoman Jampel, agar civitas akademika Undiksha selalu menjaga kebersamaan dan keharmonisan yang sudah terbangun saat ini.

Baca juga: Undiksha Singaraja raih tujuh medali di kompetisi internasional IYSA

Selain itu, terus berbenah untuk mengantarkan Undiksha menjadi universitas unggul dan berdaya saing serta selalu mampu menghasilkan SDM Unggul yang memiliki kompetensi yang baik dan juga berkarakter kuat, sehingga Undiksha menjadi perguruan tinggi pendidikan tenaga kependidikan terbesar di Pulau Dewata.
 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/IMBA Purnomo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022