Jakarta (ANTARA/JACX) - Kepolisian RI mencatat terdapat 2.945 kasus kecelakaan nasional pada masa Mudik Lebaran 2022 sejak 23 April hingga 2 Mei 2022.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan jumlah angka kecelakaan pada mudik 2022 itu, lebih rendah satu persen dibanding periode serupa pada libur Lebaran 2021.

Dari ribuan kasus kecelakaan Mudik Lebaran 2022, muncul kabar tentang kecelakaan beruntun yang mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia.

Kabar berupa unggahan menyerupai konten berita media daring itu menampilkan foto mobil dan sepeda motor yang tampak rusak akibat kecelakaan.

Berikut judul konten yang disebarkan lewat situs menitviral.my.id pada pekan terakhir April 2022 itu:

“Innalillahi, Kejadian Tadi Siang, Pergi Mudik, 7 Orang Meninggal Karena Kecelakaan Tiga di Antaranya Satu Keluarga Meninggal Di jalanan”

Lantas, benarkah terjadi kecelakaan beruntun pada masa Mudik Lebaran 2022 yang menewaskan 7 orang?
 

Unggahan hoaks yang menyatakan terdapat peristiwa kecelakaan yang mengakibatkan 7 orang meninggal dunia pada masa Mudik Lebaran 2022. (menitviral.my.id)
 

Penjelasan: 
Mengacu laporan ANTARA, peristiwa kecelakaan sebagaimana ditampilkan pada unggahan itu bukanlah kecelakaan pada masa Mudik Lebaran 2022.

Kecelakaan yang melibatkan tiga mobil minibus dan dua sepeda motor itu terjadi pada 11 Juni 2021 di jalan raya Pangkalpinang-Mentok, Desa Dendang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung.

Namun, korban-korban kecelakaan lalu-lintas itu hanya mengalami luka ringan dan bukan meninggal sebagaimana disebut dalam situs menitviral.my.id.

Melansir situs Polda Bangka Belitung, Kapolsek Kelapa ketika itu, IPTU A.F Pulungan, membenarkan kecelakaan tersebut serta mengimbau para pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintas.

Dengan demikian, klaim kecelakaan beruntun saat Mudik Lebaran 2022 yang diklaim menewaskan tujuh orang merupakan kabar salah atau hoaks.


Klaim: Kecelakaan beruntun akibatkan 7 meninggal saat Mudik Lebaran 2022
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video rumah terbakar akibat ditinggal Mudik Lebaran 2022

Baca juga: 2.945 kecelakaan terjadi selama mudik Lebaran 2022

Baca juga: Kakorlantas Polri beri tips hindari kecelakaan arus mudik

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022