Kendari (ANTARA News) - Wakil Presiden RI Boediono bersama istri Ibu Herawati disambut dengan tarian Lulo Anawai (pagelaran seni tradisional menyambut tamu istimewa) menjelang pembukaan pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) XIII Nasional di Kota Kendari, Sultra, Rabu.

Tarian Lulo Anawai yang dipersembahkan itu merupakan salah satu seni tradisional masyarakat Sultra, khususnya Suku Tolaki, yang diperankan belasan pelajar dan mahasiswa di daerah ini.

Wapres Boediono yang didampingi dua menteri yakni Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi serta Menteri Negara Riset dan Teknologi Suharna Surapranata.

Sementara itu, pejabat lokal yang tampak mendampingi Wapres antara lain Gubernur Sultra Nur Alam dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhamad Nizam.

Wapres menyaksikan Tari Lulo Anawai dengan suasana senang dan bahagia, apalagi penampilan anak-anak itu menyambutnya dengan wajah senyum.

Bahkan, sebelum menyampaikan sambutan, Wapres menyampaikan penghargaan sekaligus permohonan maaf ketidakhadiran Bapak Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada even nasional itu.

"Sangat besar keinginan Bapak Presiden untuk hadir di Provinsi Sultra itu, namun karena padatnya agenda beliau, sehingga memerintahkan saya untuk hadir sekaligus membuka pameran TTG tingkat nasional ini," katanya.

Wapres juga menyampaikan penghargaan kepada pemerintah dan masyarakat Sulawesi Tenggara yang telah berkenan menjadi tuan rumah penyelenggara pameran TTG tahun 2011.

Sebelumnya, Mendagri Gamawan Fauzi dalam laporannya mengatakan, gelar pameran TTG yang sekali dilakukan dalam setahun itu bertujuan mempermudah akses yang dihasilkan dari masing-masing daerah di Indonesia.

Selain itu, sebagai langkah strategis dan barometer yang dicapai oleh setiap daerah, kemudian dapat diadopsi bagi daerah lain demi peningkatan kemajuan dan kesejahteraan daerah masing-masing.

"Jadi, tujuan utama digelarnya pameran TTG itu adalah sebagai ajang tukar menukar informasi terkait inovasi dan teknologi yang dihasilkan di setiap daerah pada 33 provinsi di seluruh Tanah Air," katanya.

Gelar Pameran TTG XIII 2011 dengan tema "Dengan Teknologi Tepat Guna Indonesia Bisa Tingkatkan Kreativitas dan Produktivitas Dalam Mengembangkan Potensi Lokal untuk Membangun Ekonomi Bangsa yang Kuat."

Rangkaian TTG kali ini dipusatkan di Alun-alun Eks MTQ Nasional Kota Kendari itu juga ditandai dengan penyerahan anugerah dan bantuan TTG secara simbolis oleh Mendagri maupun Menristek kepada sejumlah daerah dan kelompok usaha yang dinilai berprestasi.

Setelah penyerahan bantuan, Wapres bersama Ibu Herawati Boediono langsung meninjau lokasi saung pameran TTG dari seluruh provinsi yang ambil bagian di empat bangun utama yang disediakan panitia.

(T.A056/E011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011