Palembang (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Palembang di Sumatera Selatan, menyiapkan tujuh kapal ferry untuk melayani angkutan lebaran ke Bangka.

Kepala Bidang Hubungan Laut dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Dishub setempat, Said Albar, di Palembang, Minggu, menyatakan tujuh kapal tersebut siap melayani angkutan penyeberangan selama lebaran tahun ini.

Kesiapan kapal tersebut dipastikan setelah tidak ada lagi kapal yang sedang dalam kondisi perbaikan atau docking, kata dia.

Pihaknya telah memastikan kepada operator bahwa tidak ada lagi kapal yang dalam masa perbaikan itu.

Kondisi kapal yang prima, akan mendukung kelancaran lalu lintas angkutan lebaran, ujar dia pula.

Ia memperkirakan, akan terjadi peningkatan sekitar lima persen pengguna penyeberangan pada 10 hari sebelum lebaran (H-10).

Sementara, tujuh kapal yang siap melayani angkutan lebaran tersebut, antara lain Jembatan Musi I, Jembatan Musi II, Srikandi, dan Kakap, dan setiap kapal mampu menampung rata-rata 25 kendaraan serta 150 orang penumpang, ujar dia.

Kepala UPTD Pelabuhan Dishub Palembang, Ansori menambahkan, menjelang Ramadan ini angkutan sembilan bahan pokok (sembako) menuju Pulau Bangka mengalami peningkatan.

Sampai dengan pertengahan Ramadan, pihaknya tetap akan memprioritaskan penyeberangan truk sembako menggunakan tujuh kapal yang melayani ke Bangka tersebut.

Namun, jika tujuh kapal tersebut tidak mampu melayani penyeberangan, akan ditambah satu kapal lagi ditarik dari daerah yang minim penumpang saat lebaran, seperti Bali, ujar dia lagi.

Ia menamahkan, hal tersebut diupayakan untuk kelancaran arus transportasi barang dan penumpang lebaran dari Palembang tujuan Bangka dan sebeliknya. (ANT037/M033/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011