Samarinda (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menetapkan langsung serta mengucapkan selamat kepada 21 kabupaten/kota yang terpilih menjadi KaTa Kreatif Indonesia 2021 di Samarinda.

"Penetapan ini diharapkan menjadi pemacu kabupaten/kota dan yang lain untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya masing-masing," kata Sandi di Samarinda, Selasa.

Dikatakannya, KaTa yang merupakan singkatan kabupaten dan kota Kreatif merupakan program kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah guna mendorong para pelaku UMKM berinovasi memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) sehingga peluang usaha dan lapangan kerja baru dapat diciptakan bagi masyarakat.

Baca juga: Kemenparekraf tetapkan Ambon Kota Kreatif 2021

Sandi juga mendorong Kota Samarinda untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Uji Petik Penilaian Kabupaten/Kota Kreatif di tahun mendatang.

"Kita lihat Samarinda menjadi salah satu kota yang paling tinggi tingkat pertumbuhan ekonominya, melebihi tingkat pertumbuhan nasional," jelasnya.

Sandi meyakini pertumbuhan ekonomi kreatif diproyeksikan akan terus meningkat.

Ia juga mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif dalam pemulihan ekonomi untuk memaksimalkan penggunaan digitalisasi dengan Gercep, Geber dan Gaspol.

Gercep adalah Gerak Cepat, Geber yaitu Gerak Bersama karena pemerintah pusat tidak akan bisa berjalan tanpa pemerintah daerah, kemudian Gaspol yaitu Garap Semua Potensi Online.

"Mari kita satukan langkah bulatkan tekad mendorong ekonomi, Together yes we can do it," tegas Sandi.

Penetapan 21 KaTa Kreatif Indonesia 2021 tersebut dibagi menjadi dua tahapan dengan 10 kabupaten/kota pertama antara lain Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Majalengka, Kota Malang, Kabupaten Rembang, Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kota Palembang, Kota Semarang, Kota Surakarta.

Kemudian 11 kabupaten/kota lainnya ialah Kota Ambon, Kota Banda Aceh, Kabupaten Banjarnegara, Kota Salatiga, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Wonosobo, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Karanganyar dan terakhir Kota Pekalongan.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun atas nama Pemerintah Kota dan warga Samarinda mengaku bangga dan terkejut karena Samarinda terpilih menjadi puncak penetapan KaTa Kreatif Indonesia 2021.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini ekonomi kreatif terus tumbuh dan Samarinda menjadi kontributor pertumbuhan Indonesia terutama di tengah krisis pandemi," harap Andi.

Andi juga menegaskan pandemi tidak boleh menghilangkan kredibilitas masyarakat dalam bekerja untuk memajukan bangsa.

Baca juga: Menparekraf minta pelaku usaha berinovasi kembangkan ekonomi kreatif

Pewarta: Gunawan Wibisono/R'sya R
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021