warga penyandang disabilitas agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan. Semoga bantuan usaha ini dapat bermanfaat
Bangli, Bali (ANTARA) -
Kementerian Sosial menyalurkan bantuan pengembangan usaha untuk puluhan penyandang disabilitas sensorik Rungu Wicara “EFATA” Kupang di Balai Banjar Adat Kawan, Kelurahan Kawan Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli Provinsi Bali.

"Kepada warga penyandang disabilitas agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan. Semoga bantuan usaha ini dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Pemkab Bangli selalu bisa bersinergi untuk membantu masyarakat Kabupaten Bangli demi mewujudkan Bangli Era Baru," kata Wakil Bupati Bangli Wayan Diar, usai menyerahkan bantuan Kemensos, demikian siaran pers Diskominfo Bangli di Bangli, Sabtu.

Pada acara serah bantuannya hadir pula Kadis Sosial Kabupaten Bangli I Wayan Karmawan, Penyuluh Sosial Efata Kupang Zem Kase serta warga penerima bantuan.

Baca juga: Gubernur Bali letakan batu pertama pembangunan RSU Bangli
 
Wayan Karmawan mengatakan Dinas Sosial Kabupaten Bangli yang bekerja sama dengan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas sensorik Rungu Wicara “EFATA” Kupang melalui usulan kepada Kementerian Sosial yang ditujukan kepada EFATA untuk bisa membantu warga masyarakat yang menyandang disabilitas dan akhirnya bisa terpenuhi.

Bantuan yang diberikan ada berbagai jenis, di antaranya bantuan usaha ternak babi, usaha salon kecantikan, usaha kios, usaha pertukangan, usaha perbengkelan dan pemenuhan hidup layak. Bantuan ini diberikan kepada 55 orang penyandang disabilitas rungu wicara yang mempunyai usaha.

Baca juga: Konjen RRT di Denpasar sumbang korban gempa di Karangasem-Bangli
 
Karmawan juga menambahkan dengan disalurkannya bantuan ini mudah​​​​​​-mudahan bisa dipergunakan dengan baik untuk menunjang usaha di masing-masing bidang meski dengan terbatasnya bantuan yang diterima.
 
Penyuluh Sosial EFATA Kupang Zem Kase mengatakan sesuai pemetaan pada bulan Agustus 2021 terdapat 55 orang warga penyandang disabilitas rungu wicara di empat Kecamatan di Kabupaten Bangli yang hari ini siap menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial dalam hal ini diserahkan oleh UPT Kementerian Sosial Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara Ikatan Kupang.

”Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat penyandang disabilitas sensorik rungu wicara serta bisa berusaha dan menambah kepercayaan dirinya," ujar Zem Kase.

Baca juga: Kemensos akan siapkan lumbung sosial untuk korban bencana

Baca juga: Kemensos laporkan perkembangan pemenuhan hak penyandang disabilitas
 
 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021