London (ANTARA) - Perdana Menteri Boris Johnson bergabung dengan politisi senior Inggris dan pelayat lainnya pada Selasa untuk menghadiri misa pemakaman bagi David Amess, seorang anggota parlemen yang dibunuh pada pertemuan dengan para pemilih bulan lalu.

Amess (69), ayah lima anak, ditikam hingga tewas di sebuah gereja di daerah pemilihannya pada pertemuan rutin yang diadakan untuk membahas masalah lokal.

Pembunuhan Amess itu menjadi kejutan lewat sistem politik Inggris. Peristiwa naas itu datang lima tahun setelah anggota parlemen lain dibunuh di jalan.

Johnson mengatakan beberapa menteri Kabinet menangis ketika dia menyampaikan berita kematian Amess kepada mereka.

PM Inggris itu termasuk di antara orang-orang yang hadir untuk kebaktian di Katedral Katolik Roma Westminster di London yang dipimpin oleh Kardinal Vincent Nichols, pemimpin Katolik paling senior di Inggris dan Wales.

Juga hadir di antara jemaat adalah mantan perdana menteri Theresa May, David Cameron dan John Major.

Sebuah pesan dari Paus Fransiskus dibacakan. Paus menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga Amess, memuji "pelayanan publik yang penuh pengabdian" dari anggota parlemen seperti yang ditunjukkan oleh "kepeduliannya yang mendalam terhadap orang miskin dan yang kurang beruntung".

"Dia menunjukkan apa yang dapat Anda capai sebagai anggota parlemen untuk mengubah kehidupan orang-orang di seluruh negeri dan dia akan sangat, sangat dirindukan," kata Johnson dalam sebuah penghormatan kepada anggota parlemen yang terbunuh pada Senin itu.

Amess, anggota Partai Konservatif pimpinan Johnson, pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen untuk mewakili kota Basildon pada 1983, dan kemudian dekat Southend West pada 1997. Dia dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth pada 2015 untuk pelayanan publiknya.

Ali Harbi Ali, 25, pria yang dituduh melakukan pembunuhan, yang menurut polisi adalah peristiwa terorisme, akan diadili tahun depan.

Sumber: Reuters
Baca juga: Inggris tingkatkan pelindungan anggota parlemen pascapenusukan
Baca juga: PM Inggris kunjungi lokasi pembunuhan anggota parlemen

​​​​​​​

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021