Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda 1.746 orang lulusan semester gasal 2010/2011 dalam suatu upacara Sidang Senat Guru Besar yang dipimpin Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd, Sabtu.

Para lulusan tersebut terdiri atas 116 orang program Diploma, 1.390 orang Sarjana (S-1), 130 orang Magister Pendidikan (S-2), dan 110 orang Doktor Pendidikan (S-3). Sampai semester ini, jumlah alumni UNJ mencapai 76.099 orang.

Rektor dalam sambutannya mengharapkan agar para wisudawan UNJ membangun sikap optimistis, rasa percaya diri yang kuat serta memiliki karakter yang kokoh, sehingga dapat membawa keberhasilan dalam mengarungi kehidudpan di tengah masyarakat.

"Sikap karakter yang kuat dengan mampu mengoptimalkan aktivitas untuk mencapai sukses dan keterampilan mewujudkan cita-cita, sehingga dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada di hadapan kita," katanya.

Rektor juga berharap, agar para lulusan tidak pernah ragu untuk bekerja keras, membiasakan diri bekerja dengan baik sepanjang perjalanan hidup.

"Sekecil apa pun kebaikan yang saudara perbuat dengan niat yang tulus, dapat memperkaya dan menambah kokoh karakter serta pengalaman hidup yang sangat berguna bagai masa depan," ujarnya.

Bagi para calon guru, belajar dan bekerjalah sebagai guru yang profesional dan berkarakter yang optimial, sedangkan bagi calon ilmuwan, diharapkan tekun pada keilmuan, karena dengan cara seperti itu, akan dapat menjadi seorang ilmuwan yang tangguh di masa depan.

"Sekali lagi, saya mengingatkan jangan berhenti menanam dan berinvestasi untuk masa depan dengan aktivitas positif dan konstruktif, untuk memetik hasil di kemudian hari," jelasnya.

Rektor menambahkan, UNJ terus bekerja keras dengan membanguan SDM yang berkarakter dan berkualitas dalam upaya meraih sukses yang bertumpu kepada Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

"Untuk mewujudkan UNJ menjadi perguruan tinggi besar, maka harus diperkuat jejaring dengan berbagai pihak, kerjasama yang baik dengan para alumninya, serta memperkokoh kemitraan yang sudah ada, serta membangun mitra baru dengan lembaga lainnya." demikian Prof Bedjo Sujanto.(*)
(R009/K004)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011