Jakarta (ANTARA) - ​​​Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah mendukung pelaksanaan program Pertashop di desa.
 
Mendagri Tito Karnavian dalam keterangan di Jakarta, Rabu, menilai program kerja sama antara PT Pertamina dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat desa.
 
Mislanya, membuka lapangan kerja, memudahkan akses terhadap bahan bakar minyak (BBM), hingga mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.
 
"Kami berharap program ini dapat didukung oleh teman-teman kepala daerah karena sangat positif manfaatnya," kata Mendagri saat rapat koordinasi pusat dan daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan program Pertashop di daerah.
 
Menurut Mendagri, terdapat sejumlah langkah kepala daerah dalam mendukung program Pertashop, salah satunya dengan memudahkan izin pembangunan Pertashop yang mengacu pada surat Mendagri terkait dengan perizinan pembangunan Pertashop.
 
Tidak hanya itu, kepala daerah juga bisa sambil terus membangun kerja sama dengan kementerian terkait, seperti Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi serta Kementerian ESDM.
 
"Intinya adalah mempermudah perizinan Pertashop ini," kata Mendagri Tito
 
Selain itu, Mendagri juga meminta kepala daerah agar gencar menyosialisasikan dan mendorong kepala desa supaya antusias menyambut program Pertashop. Para kepala daerah juga diminta untuk bantu kepala desa dalam pemilihan lahan yang tepat sebagai lokasi pembangunan unit Pertashop.
 
Dalam kesempatan itu, Mendagri mengapresiasi langkah Bupati Cilacap dalam mendukung program Pertashop.
 
Menurut laporan PT Pertamina, Bupati Cilacap telah mengumpulkan camat dan memberikan arahan kepada seluruh kepala desa di wilayahnya terkait dengan program Pertashop.

Bahkan, Bupati Cilacap meminta agar pembangunan 100 outlet Pertashop di 100 desa.
 
"Alhamdulillah, bisa berjalan," ujar Mendagri Tito.
 
Mendagri pun meminta agar seluruh kepala daerah memiliki komitmen seperti yang dilakukan Bupati Cilacap.
 
Pasalnya, kata dia, apa yang dilakukan kepala daerah tersebut dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi kepala daerah lainnya. Dengan demikian, diharapkan program Pertashop dapat berjalan di berbagai daerah.

Baca juga: Pertamina Sumbagsel bangun 20 outlet pertashop di Ogan Komering Ulu

Baca juga: Pertamina catat 200 unit Pertashop hadir di Sumatera Barat

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021