Pembangunannya dengan dasar-dasar kepancasilaan menjaga NKRI, tetapi juga keumatan sesuai keadilan.
Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil menyatakan program keumatan di Jabar berdasarkan nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya hadir di sini memenuhi undangan para ulama dari PPP, kalau ulama yang mengundang wajib hukumnya dimuliakan undangannya. Jadi saya ini belum pulang ke Bandung dari Papua mendarat takziah dulu, ada musibah baru ke sini,” kata Ridwan Kamil, di hadapan para ulama saat menjadi narasumber Munas Alim Ulama Partai Persatuan Pembangunan Sesi I: “Membangun Indonesia dari Daerah”, di Pondok Pesantren Fadhlul Fadlan, Semarang, Minggu.

Gubernur Jabar menyebutkan bahwa kehadirannya di Munas Alim Ulama PPP untuk menceritakan bahwa program keumatan beriringan dengan nilai dasar Pancasila dalam kepemimpinannya di Jabar.

“Di sini para ulama meminta saya menceritakan pengalaman di Jabar. Dengan tegas saya sampaikan di Jabar dibangun, dilaksanakan pembangunannya dengan dasar-dasar kepancasilaan menjaga NKRI, tetapi juga keumatan sesuai keadilan,” kata dia.

Dalam paparannya, Kang Emil menjelaskan seluruh program keumatan di Pemprov Jabar. Dimulai dari Satu Desa Satu Hafiz (Sadesha), One Pesantren One Product (OPOP), Kredit Mesra, hingga English for Ulama.

“Nah, sehingga ada program-program keumatan yang saya sampaikan. Ada program-program kemajuan dan tentunya kami berharap saya bisa bersinergi,” katanya pula.

Sekjen DPP PPP Arwani Thowafi menuturkan bahwa kedekatan dirinya dengan Kang Emil sudah terjalin sejak Pemilihan Gubernur 2018.

Arwani merasa puas atas duet kepemimpinan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur bahu-membahu membangun Jabar.

Ia mengatakan bahwa penyelenggaraan munas ini merupakan forum terbuka. Diundangnya Kang Emil pun agar para alim ulama bisa mengenal lebih jauh lagi sosok Gubernur Jabar.

“Ya tentu kita terbuka forum kali ini. Munas kali ini kiai, ulama yang ada di PPP sudah mengenal beliau, dan forum ini sudah menjadi modal bagi kami yang ada di DPP untuk nantinya mengambil langkah strategis,” katanya lagi.

Dari harapan alim ulama, kata Arwani, PPP membutuhkan sosok pemimpin yang mampu memberi ruang yang luas terutama tentang kepentingan umat.

“Dari apa yang disampaikan harapan dari para kiai dan ulama PPP, ingin sosok pemimpin ke depan mampu memberi ruang yang luas terutama sekali tentang kepentingan umat utamanya pesantren yang menjadi harapan dari para kiai dalam munas kali ini. Beberapa kebijakan politik legislasi yang selama ini disuarakan para ulama harus menjadi perhatian,” kata Arwani pula.
Baca juga: Ridwan Kamil sarankan kader PPP kampanye sesuai zaman
Baca juga: Ridwan Kamil targetkan Jabar juara umum STQH 2021

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021