Jayapura (ANTARA) - Kontingen dayung Kalimantan Tengah sukses merebut medali emas dari Jawa Barat seusai menjadi yang tercepat pada cabang olahraga dayung nomor perahu naga jarak 1.000 meter campuran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Selasa, ke-25 atlet dayung Kaltim mampu finis pertama dengan catatan waktu 4 menit 00,383 detik.

Kalteng menang beberapa milisekon dari Jawa Barat yang mencatatkan waktu 4 menit 00,553 detik. Sementara medali perunggu menjadi milik Sulawesi Tenggara dengan catatan waktu 4 menit 01,794 detik.

Baca juga: Jadwal dayung hari ini, perebutan satu emas perahu naga 1.000 mix

Kemenangan Kaltim ini sekaligus menghentikan rentetan perolehan medali emas yang dikumpulkan Jabar di berbagai jarak divisi perahu naga.

Sebelumnya, Jabar selalu mendapat emas di divisi perahu naga dari berbagai nomor; 1.000 meter, 500 meter, dan 200 meter putra dan putri.

Dari enam nomor perlombaan sebelum hari ini, Jabar sukses membawa pulang lima emas dan satu perunggu.

Hanya jarak 500 meter putri mereka mendapat medali perunggu di bawah Papua dan Sulawesi Tenggara. Sementara jarak 500 meter putra, Jabar kembali perkasa.

Kendati Jabar gagal meraih medali emas di jarak 1.000 meter campuran, mereka tetap keluar sebagai juara umum setelah mengumpulkan 19 medali emas, 8 perak, dan 7 perunggu.

Akan ada dua medali emas lagi yang diperebutkan yakni pada perahu naga jarak 500 meter dan 200 meter campuran pada Rabu, sekaligus menutup perlombaan olahraga dayung PON Papua.

Baca juga: Lampaui target, tim dayung Jabar siap diguyur bonus PON Papua
Baca juga: Kontingen dayung Jabar bertekad sapu bersih tiga nomor tersisa

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021