Jayapura (ANTARA) - Pertandingan cabang olahraga dayung nomor perahu naga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berlanjut Selasa dengan memperebutkan satu medali emas dalam adu kayuh jarak 1.000 meter mix/campuran.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura itu, ada enam kontingen dayung yang akan saling membuktikan diri siapa yang tercepat.

Keenam provinsi itu yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Papua Barat, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Pada nomor-nomor sebelumnya, Jawa Barat terlalu perkasa bagi lawan-lawannya. Dari sembilan nomor perahu naga yang dipertandingkan, tim Tanah Pasundan itu sudah mengamankan lima emas, sementara Papua satu emas.

Baca juga: Tujuh emas terakhir layar PON Papua diperebutkan hari ini

Ada tiga lagi emas yang akan diperebutkan yakni pada nomor perahu naga 1.000 meter, 500 meter, dan 200 meter campuran. Pertandingan 500 meter dan 200 meter akan menjadi penutup perlombaan dayung PON Papua esok Rabu.

Secara keseluruhan, Jawa Barat telah menyumbangkan 19 medali emas, 7 perak, dan 7 perunggu dari cabang olahraga dayung.

Perolehan 19 medali emas itu diraih dari tiga nomor berbeda yakni canoeing, rowing, dan perahu naga (traditional boat race). Pada nomor canoeing, Jawa Barat sukses mengumpulkan 7 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Sementara dari nomor rowing mengamankan 7 emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Adapun dari nomor perahu naga sudah mengumpulkan 5 emas dan 1 perunggu.

Baca juga: 81 emas PON Papua diperebutkan hari ini, tarung derajat 18 medali

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021