Jakarta (ANTARA News) - Penyidik Badan Reserse dan Kriminal Polri sedang menyelidiki kemungkinan keterlibatan sindikat internasional dalam pembuatan paspor warga negara Guyana dengan foto wajah Gayus HP Tambunan dan istrinya Milana Anggraeni.

"Kita harus melihat apakah ada sindikat internasional untuk mengetahui apakah paspor yang digunakan asli apa tidak," kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Ito Sumardi di Jakarta, Rabu.

Wajah mirip Gayus di dalam paspor tersebut atas nama Yosep Morris, sementara wajah mirip Milana atas nama Ann Morris.

Lampiran paspor dengan wajah mirip Gayus dan Milana ditemukan pada data surat elektronik milik tersangka Arie Nur Irawan yang dikirim oleh Jhon Jerome Grice antara bulan Juli dan Agustus.

"Kita melihat dari dokumen paspor ditemukan di email saudara Arie yang sudah jadi, dan harus dibuktikan dulu bersama Direktorat Imigrasi apakah paspor negara Guyana ini asli dan berlaku di Guyana," kata Ito.

Mengenai bantahan dari Gayus terkait lampiran paspor dengan wajah mirip dirinya serta Milana yang menyatakan tidak pernah membuat paspor tersebut dan hanya rekayasa kepolisian saja, Kabareskrim mengatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

"Tidak mungkinlah," kata Ito. Selain itu, penyidik juga menanyakan hal tersebut kepada tersangka Arie, dimana lampiran paspor negara ada foto mirip Gayus dan Milana terdapat.

Polri saat ini sedang menjalin kerjasama internasional untuk mengungkap kasus Gayus dan mengejar John yang warga negara Amerika, masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)

John diperkirakan saat ini berada di salah satu negara di Asia dan berada di Indonesia sejak 2007.

(S035/A033/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011