Kunjungan sekaligus penandatanganan prasasti oleh Presiden RI Pak Jokowi ke Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah
Bantul (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terdapat dua gedung yang dibangun pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kunjungan sekaligus penandatanganan prasasti oleh Presiden RI Pak Jokowi ke Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir ditemui usai menerima kunjungan Presiden di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Sedayu Bantul, Jumat.

Haedar mengatakan di Komplek Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta seluas kurang lebih 5,6 hektare tersebut sudah terdapat tiga bangunan, yaitu rusunawa yang akan difungsikan untuk asrama siswa, gedung kampus untuk belajar siswa, serta masjid.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Gubernur DIY percepat vaksinasi

"Bangunan di sana itu rusunawa dan bangunan ini (kampus) memang dibangun oleh Presiden sebagai wujud dari penghargaan terhadap Muhammadiyah khususnya madrasah ini, karena madrasah ini, madrasah bersejarah, lahir tahun 1918," kata Haedar.

Haedar mengatakan Madrasah Muallimin yang dulu sempat berganti nama tetapi kemudian kembali ke nama tersebut adalah sekolah untuk guru, sekolah untuk menghasilkan pemimpin, dan sekolah untuk menghasilkan pendidik, salah satunya Buya Syafii Maarif.

Baca juga: Presiden tinjau pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat di Bantul DIY

"Kehadiran Presiden ke sini sebagai bukti Beliau menghargai pendidikan, apalagi yang bersejarah. Dan yang kedua, peresmian masjid yang dibangun pengusaha muda Muhammadiyah untuk dan atas nama ibundanya," katanya.

Haedar mengatakan Masjid Hajah Yuliana yang bentuk bangunan perpaduan antara nuansa modern dan klasik tersebut mempunyai makna untuk bangsa, yaitu bahwa bangsa Indonesia ini mempunyai modal sosial yang hebat.

Baca juga: Yogyakarta fokus jaga tren penurunan kasus positif COVID-19

Baca juga: Satgas COVID-19 Yogyakarta intensifkan vaksinasi langsung ke wilayah

Baca juga: Simulasi pembelarajan tatap muka di Yogyakarta digelar bertahap


"Pak Presiden memberi dua apresiasi, pertama apresiasi terhadap ikhtiar Muhammadiyah yang tidak kenal lelah membangun, sehingga pemerintah kemudian ikut juga membangun sebagai wujud penghargaan negara," katanya.

"Dan Beliau terkesan, kagum dengan nuansa modern, tetapi juga ada unsur penghargaan terhadap hal-hal yang klasik, artinya Indonesia ini harus menjadi negara modern, tetapi juga merawat budaya asli kita, tanpa kehilangan hubungan kita dengan bangsa-bangsa lain," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Bupati Sleman optimalkan vaksinasi lansia

Baca juga: Di Bantul-DIY, capaian vaksinasi belum dapat turunkan level PPKM
Gedung Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta yang dibangun pemerintah di Sedayu, Kabupaten Bantul, DIY, Jumat (10/9/2021) (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021