Jayapura (ANTARA) - Gubernur Papua Lukas Enembe berjanji untuk memberikan bonus sebesar Rp1 miliar bagi atlet perorangan yang dapat meraih medali emas dalam gelaran PON XX Papua.

"Hal ini sebagai bagian dari komitmen kami terhadap prestasi atlet, sehingga kami menyiapkan persembahan bagi yang berprestasi," kata Lukas di Jayapura, Kamis.

Menurut dia, atlet yang menyabet emas kategori beregu akan diberikan bonus Rp650 juta per orangnya, lalu medali perak perorangan Rp500 juta per atlet.

"Untuk medali perak beregu masing-masing diberi bonus Rp325 juta per atlet sedangkan medali perunggu perorangan Rp250 juta per atlet," ujar Lukas.

Kemudian, ia menjelaskan untuk peraih medali beregu akan diberi bonus Rp162,5 juta per atlet. Terakhir, atlet tanpa medali juga akan diberi bonus Rp10 juta per orang.

"Kesuksesan PON XX Papua akan menjadi pembuktian harga diri orang Papua sebagai bagian dari bangsa Indonesia," tutur Lukas.

Oleh karena itu, pihaknya wajib meraih kesuksesan, baik itu sukses prestasi, administrasi, kebudayaan, penyelenggaraan maupun ekonomi.

"Tidak boleh ada kelengahan sedikitpun. Pasalnya, ini adalah kesempatan untuk menunjukkan Papua bisa menjadi garda terdepan bangsa Indonesia dalam urusan olahraga," tegas Lukas.

Sebelumnya, Lukas Enembe telah menyerahkan kontingen Papua kepada ketua delegasi yang baru dilantik, yakni Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri.

Total keseluruhan kontingen Papua, mulai dari atlet, pelatih, asisten pelatih dan ofisial mencapai 1.312 orang. 

Baca juga: Gubernur Papua minta seluruh komponen tingkatkan fokus jelang PON XX 
Baca juga: Gubernur Papua: warga yang menonton PON XX harus sudah divaksin 

Baca juga: Gubernur Papua minta kepala daerah klaster PON amankan wilayahnya 
Baca juga: Menko PMK harapkan PON Papua lahirkan atlet berprestasi internasional 

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021