Saya ingin menyampaikan sekali lagi kesiapan DPR RI untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan IPU General Assembly 2022
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan kesiapan DPR RI menjadi tuan rumah Inter-Parliamentary Union (IPU) General Assembly pada 2022.

Pernyataan kesiapan tersebut diformalkan dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara DPR RI dengan IPU.

"Saya ingin menyampaikan sekali lagi kesiapan DPR RI untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan IPU General Assembly 2022," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikan Puan dalam pertemuan bilateral dengan Presiden IPU Duarte Pacheco di sela-sela Konferensi Ketua Parlemen Dunia Kelima (5WCSP) di Wina, Austria, Rabu. Puan dan Duarte menjadi saksi penandatanganan MoU yang dilakukan Sekjen DPR RI dan Sekjen IPU.

Puan menjelaskan sejumlah alasan mengapa IPU General Assemby 2022 di Bali akan akan sangat bernilai strategis, pertama karena memberikan optimisme dari parlemen berbagai negara kepada masyarakat internasional untuk bangkit dari suasana pandemi COVID-19.

Kedua menurut dia, dunia diharapkan sudah akan melihat dampak positif distribusi vaksin dan arah pemulihan ekonomi juga akan semakin jelas pada tahun 2022.

"IPU Assembly 2022 diharapkan memberi dorongan mempercepat proses pemulihan tersebut," ujarnya.

Puan menjelaskan, nilai strategis ketiga, pertemuan IPU General Assembly 2022 juga dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kerjasama antar-parlemen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Selain itu menurut dia bisa menjadi pengalaman baik terkait bagaimana langkah terbaik dalam menangani pandemi dan melakukan pemulihan ekonomi dari dampak pandemi.

Dalam MoU tersebut dijelaskan bahwa IPU General Assembly akan digelar di Bali pada 20–24 Maret 2022 dengan protokol kesehatan yang ketat seperti dilakukan Austria saat menggelar 5WCSP saat ini, dan sesuai dengan perkembangan penyebaran virus pada awal tahun 2022.

Pengukuhan DPR RI menjadi tuan rumah IPU General Assembly 2022 juga karena Indonesia dianggap telah melewati puncak Gelombang Kedua COVID-19 varian Delta, dan situasi pandemi di dalam negeri semakin membaik berkat dukungan semua elemen masyarakat.

Hal itu terutama karena tingkat vaksinasi di Bali, yang merupakan tempat akan digelarnya acara, sudah sangat tinggi.

 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021