Besok kami selenggarakan PTM untuk fakultas yang berbeda lagi
Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mulai melakukan perkuliahan tatap muka (PTM) secara bertahap dengan hanya melibatkan empat fakultas di hari pertama.

"Ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keolahragaan dan Fakultas Hukum. Besok kami selenggarakan PTM untuk fakultas yang berbeda lagi," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Senin.

Ia mengatakan penyelenggaraan PTM tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya maksimum peserta PTM hanya 30 persen dari total kapasitas.

Baca juga: UNS lakukan PTM mulai minggu depan

Jamal yang pada hari pertama PTM tersebut ikut mengajar di Fakultas Hukum hanya memberikan materi secara langsung kepada 13 mahasiswa. Sedangkan sisanya mengikuti perkuliahan secara daring.

"Alhamdulilah berjalan lancar, harapannya kalau percobaan ini baik dan tidak menimbulkan penularan COVID-19 bisa dinaikkan secara bertahap, ke depan 40 persen, terus 50 persen," katanya.

Baca juga: Tim mahasiswa UNS ciptakan celana apung untuk mitigasi kondisi darurat

Ia mengatakan jika kondisi membaik maka perkuliahan akan terus dilakukan secara bertahap dan bersyarat.

"Harapannya untuk mahasiswa semester akhir untuk bimbingan skripsi atau tesis juga bisa dilakukan secara luring," katanya.

Terkait dengan evaluasi, pihaknya juga akan melakukannya setiap saat untuk memastikan mahasiswa tetap aman saat mengikuti PTM.

Baca juga: Pemerintah berharap mahasiswa KKN UNS aplikasikan teori di masyarakat

"Kalau ada kejadian yang tidak diinginkan, misalnya ada kejadian terkait ini (COVID-19) akan kami 'tracing'," katanya.

Salah satu mahasiswa Indro Wicaksono menyambut baik perkuliahan tersebut.

"Cukup senang karena UNS berani melaksanakan kuliah dari daring jadi 'hybrid'. Apalagi kami kan sudah vaksin dua kali jadi bisa tahu efek dari vaksin ini dalam menanggulangi COVID-19 ini," katanya.

Baca juga: UNS dorong perguruan tinggi tingkatkan pengelolaan kampus hijau

Baca juga: UNS akan terapkan PTM bersyarat dan bertahap

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021