Jakarta (ANTARA) - Bulan madu Everton dan manajer anyarnya, Rafa Benitez, berlanjut saat klub Merseyside Biru itu memetik kemenangan 2-0 atas Brighton & Hove Albion dalam lawatan ke Stadion Amex untuk laga pekan ketiga Liga Inggris pada Sabtu.

Gol Demarai Gray dan eksekusi penalti Dominic Calvert-Lewin memastikan Everton memetik kemenangan kedua dalam tiga pertandingan pertama mereka musim ini.

Everton, yang masih menjaga catatan nirkalah awal musim, sementara naik ke posisi kedua klasemen dengan koleksi tujuh poin, termasuk dengan menyalip Brighton (6) yang turun ke urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Benitez enggan bicara banyak masa depan James Rodriguez dan Moise Kean
Baca juga: Juventus sepakati transfer Moise Kean dari Everton


Kedua tim bermain relatif terbuka sejak sepak mula dan Brighton lebih dulu memperoleh peluang apik pada menit ke-12, sayang keputusan Neal Maupay melepaskan tembakan jarak jauh berakhir dengan bola yang masih melayang tipis di atas mistar gawang tim tamu.

Empat menit jelang turun minum, Everton sukses memecahkan kebuntuan untuk memimpin atas Brighton ketika Gray berlari sendirian melepaskan diri dari kawalan Adam Webster sebelum memperdaya kiper Robert Sanchez dengan tembakan mendatar.

Tiga menit kemudian, Calvert-Lewin nyaris menggandakan keunggulan Everton sayang tembakan menyilangnya yang sudah membuat Sanchez mati langkah masih melenceng tipis dari sasaran.

Pada menit ke-55, Everton mendapat hadiah tendangan penalti setelah terjadi tabrakan fisik di dalam kotak terlarang Brighton.

Sempat terjadi negosiasi antara Richarlison dan Calvert-Lewin tentang siapa yang akan menjadi algojo, sebelum pemain nomor sembilan Everton yang menendang bola untuk menggandakan keunggulan tim tamu 2-0.
 
Pemain Everton Dominic Calvert-Lewin mencetak gol kedua dari titik penalti saat pertandingan Liga Inggris antara Everton dengan Brighton & Hove Albion di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Sabtu (28/8/2021) (ANTARA/REUTERS/TONY OBRIEN)

Everton nyaris menambah keunggulan mereka lagi pada menit ke-77 sayang tembakan keras Abdoulaye Doucoure bisa diselamatkan secara gemilang oleh Sanchez.

Skor 2-0 bertahan bagi Everton yang jadi modal positif bagi mereka menyongsong jeda internasional selama dua pekan ke depan.

Selepas jeda internasional, Everton dijadwalkan menjamu Burnley di Goodison Park pada 13 September, dua hari seusai Brighton bertandang ke markas Brentford.

Baca juga: Manchester City menang telak 5-0 atas 10 pemain Arsenal
Baca juga: Wolverhampton selangkah lagi dapatkan Hwang Hee-chan dari Leipzig
Baca juga: Crystal Palace sukses rekrut gelandang Watford, Will Hughes

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021