Pada saat pertemuan PSSI dengan Shin Tae-yong pada Kamis (26/8), dia siap dievaluasi dari pelatih timnas Indonesia bila gagal mengantarkan Skuad Garuda ke kualifikasi Piala Asia 2023
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Haruna Soemitro mengatakan, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mempertaruhkan posisinya untuk membawa skuad Garuda menuju Kualifikasi Piala Asia 2023.

Jika tak bisa mengantarkan Indonesia ke kualifikasi tersebut, Haruna menyebut Shin bersedia kariernya sebagai pelatih kepala timnas Indonesia dievaluasi kembali oleh PSSI.

"Pada saat pertemuan PSSI dengan Shin Tae-yong pada Kamis (26/8), dia siap dievaluasi dari pelatih timnas Indonesia bila gagal mengantarkan Skuad Garuda ke kualifikasi Piala Asia 2023," ujar Soemitro, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: PSSI: Shin Tae-yong ajukan tiga nama asisten pelatih baru timnas

Agar dapat melangkah ke kualifikasi tersebut, timnas Indonesia wajib menundukkan Taiwan pada fase play-off yang berlangsung dengan format kandang-tandang pada Oktober 2021.

Anggota Exco PSSI lainnya, Endri Erawan mengatakan bahwa Shin akan memulai pemusatan latihan (TC) menuju play-off itu pada pertengahan September 2021.

"Jadi kira-kira beberapa pekan setelah bergulirnya BRI Liga 1 2021-2022. Ini juga menjadi road map terbaru dari Shin Tae-yong," tutur Endri.

Baca juga: Pengundian ulang Kualifikasi Piala AFC U-23 tak ubah lawan Indonesia

Timnas Indonesia akan menghadapi beberapa kompetisi internasional sampai akhir tahun 2021.

Skuad Garuda senior akan melawan Taiwan pada laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Oktober 2021.

Kemudian, timnas U-23 akan bertanding di Kualifikasi Piala Asia U-23 pada Oktober 2021.

Selain itu, ada pula agenda pemusatan latihan timnas U-18 yang ditempa untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Baca juga: PSSI upayakan TC timnas tetap digelar awal Agustus 2021
Baca juga: PSSI targetkan Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 2022
Baca juga: Indonesia hadapi Taiwan pada 'play-off' Kualifikasi Piala Asia 2023

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021